Analisa Kekuatan Sambungan Pipa Baja Karbon dan Besi Cor Berbasis Teknologi Las Gesek (Friction Welding)

  • Nur Husodo Nur Husodo
  • Budi Luwar S1 Budi Luwar S1
  • Hagi Astono P. Hagi Astono P.
  • Sri Bangun S. Sri Bangun S.
  • Rachmad Hidayat Rachmad Hidayat

Abstract

Abstrak :

Adanya kesulitan yang akan terjadi manakala dilakukan proses penyambungan dua buah logam yang berbeda komposisi. Namun ada alternative metode proses penyambungan logam baja yang berbeda komposisi dengan metode las gesek. Selain itu metode las gesek ini mempunyai banyak keunggulan antara lain waktu proses cepat, tidak perlu logam pengisi, panas yang terjadi tidak sampai logam mencair, panas yang terjadi tidak terlalu tinggi juga mudah diterapkan karena dapat memanfaatkan mesin perkakas. Oleh karena itu perlu dilakukan proses penyambungan dengan metode las gesek untuk alternative proses pembuatan produk stang sepeda motor.. Penelitian dilakukan dengan memvariasi tekanan tempa sebesar 375, 437,5 dan 500 kgf/cm2, tekanan gesek 62,5 kgf/cm2 dan durasi waktu gesek 120 detik. Sampel uji yang dihasilkan dilakukan pengujian struktur mikro dengan metallografi sedangkan sifat mekanik dilakukan dengan pengujian kekerasan dan kekuatan tarik. Analisa dilakukan untuk mengetahui peluang las gesek dipakai sebagai alternative proses produksi produk stang sepeda motor. Dapat ditarik kesimpulan bahwa metode las gesek dapat digunakan menyambung dua buah logam baja yang berbeda kompisi yaitu pipa baja karbon rendah dengan besi cor. Kekuatan las akan meningkat ketika tekanan tempa juga meningkat. Kekuatan sambungan tertinggi sebesar 546,66 N/mm2. Kata kunci: las gesek, pipa baja karbon rendah, besi cor, tekanan tempa, tekanan gesek.

Abstract :

The difficulties that will occur when the process of joining two pieces made of different metal compositions. However, there are alternative methods of process connection of different steel metal composition with friction welding method. Besides this friction welding method has many advantages such as faster processing time, do not need filler metal, the heat does not occur until the metal melts, heat is happening is not too high is also easy to implement because it can take advantage of machine tools. Therefore, it is necessary to the process of switching to an alternative method for friction welding manufacturing process motorcycle handlebar .. The study was conducted with three variations of pressure wrought by 375, 437.5 and 500 kgf / cm 2, while the frictional pressure of 62.5 kgf / cm 2 and the length of time string 120 seconds. The resulting test samples tested microstructure with metallografi done while the mechanical properties hardness testing and tensile strength. The analyzes were performed to determine the chances of friction welding is used as an alternative production process motorcycle handlebar. It can be deduced that the friction welding method can be used to connect two pieces of metal of different steel compositions, namely low carbon steel pipe with cast iron. Weld strength will increase when the pressure forging also increased. The highest weld strength was 546.66 N / mm2. . Keywords: friction weldingl, low carbon steel pipe, cast iron, forging pressure, friction pressure

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Nur Husodo Nur Husodo
Progdi D3 Jurusan Teknik Mesin, ITS Jl. Arif Rahman Hakim, Kampus Keputih Sukolilo, Surabaya 60111
How to Cite
NUR HUSODO, Nur Husodo et al. Analisa Kekuatan Sambungan Pipa Baja Karbon dan Besi Cor Berbasis Teknologi Las Gesek (Friction Welding). Jurnal Energi Dan Manufaktur, [S.l.], v. 8, n. 2, july 2016. ISSN 2541-5328. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jem/article/view/22733>. Date accessed: 18 may 2021.
Section
Articles

Keywords

friction weldingl, low carbon steel pipe, cast iron, forging pressure, friction pressure