PENGARUH WAKTU PELAPISAN NIKEL PADA TEMBAGA DALAM PELAPISAN KHROM DEKORATIF TERHADAP TINGKAT KECERAHAN DAN KETEBALAN LAPISAN

  • I Ketut Suarsana

Abstract

Elektroplating merupakan suatu proses pengendapan elektro lapisan logam pada elektrode yang bertujuan membentuk permukaan dengan sifat atau dimensi yang berbeda dengan logam dasarnya. Logam yang dilapisi adalah tembaga karena mudah dibentuk menjadi perhiasan, alat industri, bagian kendaraan bermotor dan lain sebagainya. Logam pelapis yang digunakan dalam pelapisan khrom dekoratif ini adalah nikel dan khrom. Penelitian ini menggunakan spesimen berupa tembaga yang berjumlah 15 buah dengan panjang 60 mm dan diameter 14 mm. Dalam pelaksanaan pelapisan pertama menggunakan voltase 5 volt, temperatur 60 0C dan dengan arus 50 ampere. Variasi dilakukan pada waktu pencelupan yaitu 5 menit, 10 menit, 15 menit, 20 menit dan 25 menit dengan tiga kali pengulangan. Sedang pada pelapisan kedua menggunakan voltase 5 volt, temperatur 50 0C, arus 50 ampere dan waktu pencelupan 2 menit. Hasil penelitian ini adalah dengan variasi waktu pelapisan nikel pada tembaga yang dilakukan (dengan range 5 menit-25 menit), nilai iluminasi cahayanya (tingkat kecerahannya) dan ketebalan lapisannya meningkat, yaitu pada waktu pelapisan nikel 5 menit nilai iluminasi cahayanya adalah 3297,027 lux dan ketebalannya adalah 14,1 µm hingga pada waktu pelapisan nikel 20 menit yaitu sebesar 8242,904 lux untuk iluminasi cahayanya dan hingga waktu pelapisan nikel 25 menit yaitu sebesar 55,77 µm untuk ketebalan lapisannya. Sedangkan untuk waktu pelapisan nikel 25 menit nilai iluminasi cahayanya menurun yaitu sebesar 6868,862 lux yang disebabkan karena banyak lubang pada permukaan lapisan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

I Ketut Suarsana
Jurusan Teknik Mesin Universitas Udayana, Bukit Jimbaran Bali
How to Cite
SUARSANA, I Ketut. PENGARUH WAKTU PELAPISAN NIKEL PADA TEMBAGA DALAM PELAPISAN KHROM DEKORATIF TERHADAP TINGKAT KECERAHAN DAN KETEBALAN LAPISAN. Jurnal Energi Dan Manufaktur, [S.l.], nov. 2012. ISSN 2541-5328. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jem/article/view/2264>. Date accessed: 19 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

Elektroplating khrom dekoratif, waktu pelapisan nikel, tingkat kecerahan, ketebalan lapisan