KONTUR TEKANAN DINAMIS PADA PERMUKAAN ATUR SISI KELUARAN KASKADE KOMPRESOR AKSIAL BLADE TIPIS SIMETRIS DENGAN SUDUT SERANG BERVARIASI

  • AA Adhi Suryawan

Abstract

Pengujian eksperimental tentang kontur tekanan dinamis pada permukaan atur bagian keluaran kaskade kompresor aksial dengan sudu tipis-simetris telah dilakukan dengan variasi sudut serang masing-masing 0o, 5o, dan 10o. Dari penelitian ini maka diketahui bagaimana pengaruh viscous effect terhadap karakteristik tekanan dinamis pada cascade kompresor aksial. Pengujian dilakukan menggunakan wind tunnel yang di dalamnya telah diset lengkap dengan cascade yang sudut serang (?) bervariasi. Data hasil pengukuran diperoleh dengan menggunakan inclined manometer yang berisi kerosine. Selanjutnya dilakukan pengolahan data dan kemudian disimulasikan ke program komputer sehingga didapatkan kontur tekanannya. Dari penelitian yang dilakukan didapatkan bahwa effect viscous sangat mendominasi pada daerah dekat endwall, sehingga kehilangan tekanan (pressure loss) terkonsentrasi pada daerah ini ( z= = 0 s/d z = ± 28 mm). Semakin menjauhi dinding (wall) sampai pada posisi tengah-tengah span (z = 225 mm), losses menjadi semakin turun. Semakin kecil losses maka tekanannya akan meningkat sehingga tekanan dinamis di tengah-tengah span jauh lebih besar dibandingkan dengan di dekat dinding (endwall). Semakin besar sudut serang, maka beda tekanan antara pressure side dan suction side menjadi lebih besar pula.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

AA Adhi Suryawan
Jurusan Teknik Mesin Universitas Udayana, Kampus Bukit Jimbaran Bali
How to Cite
ADHI SURYAWAN, AA. KONTUR TEKANAN DINAMIS PADA PERMUKAAN ATUR SISI KELUARAN KASKADE KOMPRESOR AKSIAL BLADE TIPIS SIMETRIS DENGAN SUDUT SERANG BERVARIASI. Jurnal Energi Dan Manufaktur, [S.l.], nov. 2012. ISSN 2541-5328. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jem/article/view/2260>. Date accessed: 19 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

Kompresor aksial, kaskade, sudut serang