Analisis Kekuatan Struktur Pallet Menggunakan Metode Elemen Hingga
Abstract
Pallet sebagai suatu alat bantu untuk mempermudah proses bongkar-muat logistik. Palletdigunakan hampir dalam berbagai lingkungan transportasi logistik. Pada bahasan berikutdikhususkan dalam lingkup transportasi di dalam pesawat udara khususnya pada pesawatangkut militer. Di lingkungan militer pallet digunakan untuk transport logistik baik secara normalmuat (loading) dan bongkar (unloading) maupun kondisi bongkar dengan diterjunkan daripesawat udara. Untuk pemenuhan penggunaan tersebut dilakukan perancangan ulang (reverseengineering) struktur pallet yang dapat dimanufaktur secara lokal. Hipotesis awal menunjukkanbahwa berdasarkan kondisi pembebanan pada pallet dapat diperkirakan bahwa kondisitegangan dan regangan maksimum akan terjadi pada posisi sudut struktur pallet yang ditransferbebannya ke komponen plat besi penahan siku-siku dan baut. Material yang digunakan padastruktur pallet adalah Allumunium Alloy 7075-T6 dengan kekuatan tarik sebesar 503 MPa.Analisis dilakukan dengan menggunakan simulasi numerik dengan metoda elemen hingga(FEM). Proses simulasi numerik kekuatan struktur pallet difokuskan pada pembebanan statis(termasuk pengaruh factor G) dalam interval beban statis 4 ton sampai 7 ton. Analisis dilakukanpada perubahan variabel tegangan dan regangan terhadap variasi beban yang diberikan untukmendapatkan tingkat keamanan struktur (margin safety). Pemodelan dilakukan denganidealisasi model ¼ bagian menggunakan elemen terstruktur dengan jenis elemen hexahedral(brick) dengan jumlah 73803 elemen dan 360323 node. Hasil analisis menunjukkan teganganekuivalen maksimum struktur Pallet adalah 94 MPa yang terjadi di penguat sudut (anglebracket). Sedangkan pada struktur penguat lapis (sandwich structure) berbahan thick blockyang mempunyai kekuatan sebesar 20 MPa adalah sebesar 0.84 MPa. Tingkat keamanansecara keseluruhan struktur dengan mempertimbangkan factor G hingga 2 adalah 5.3.Kata kunci: Analisis struktur, pallet, logistik, reverse engineering, FEM
Pallet as a tool is used to simplify the process of loading and unloading logistics. The scope ofthe use of pallets is almost used in various environments logistic transportation. In the followingdiscussion is more specifically in the sphere of transport by aircraft, especially military transportaircraft. Pallet in the military environment is used for both normal logistics transport andunloading and unloading as well as the unloading condition parachuted from an aircraft. To fulfillsuch use redesign (reverse engineering) pallet structure that can be manufactured locally. Thedesign and analysis is done to ensure the strength of the pallet structure. Initial hypothesisindicates that based on the pallet loading conditions can be estimated that the condition ofmaximum stress and strain will occur in the structure of the angular position pallet loadtransferred to the iron plate component retaining bracket and bolt. The material used in thestructure of the pallet is Allumunium Alloy 7075-T6 with a tensile strength of 503 MPa. Analyseswere performed using numerical simulation with finite element method (FEM). Numericalsimulation process force structure focused on static loading pallet (including the effect of factorG) in the interval static load 4 tons to 7 tons. Analysis was performed on variable changes thestress and strain of the load variations to obtain security level structure (margin of safety).Modeling is done with the idealization of the ¼ part model. Modeling is carried out by elementsof structured hexahedral element type (brick) by the number 73803 elements and nodes. Theanalysis showed maximum voltage Equivalent Pallet structure is 94 MPa which occur inamplifier angle (angle bracket). While the structure reinforcement layer (sandwich structure)made of thick block that has strength of 20 MPa is equal to 0.84 Mpa. The overall level ofsecurity structure taking into account the G factor of up to 2 is 5.3.Keywords: Structural analysis, pallet, logistics, reverse engineering, FEM
Downloads
Keywords
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.