Analisis Perhitungan dan Implementasi Pengaruh Rasio Gigi Penggerak Akhir dan Diameter Roda pada Kecepatan Maksimum Kendaraan

  • Rudi Purwo Wijayanto Institut Teknologi Indonesia
  • Mohamad Haifan
  • Aries Shubhi

Abstract

Kecepatan maksimum pada kendaraan roda empat komersial sudah ditentukan dan didesain sedemikian rupa. Namun, dengan meningkatnya pemahaman dan teknologi otomotif, terdapat keinginan sebagian penggemar kendaraan untuk meningkatkan kecepatan maksimum di atas spesifikasi dari pabrikan. Dari penelitian sebelumnya, peningkatan kecepatan maksimum kendaraan dapat dilakukan dengan merubah diameter roda penggerak serta rasio gigi transmisi dan gigi penggerak akhir. Perubahan pada rasio gigi transmisi membutuhkan biaya yang cukup banyak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecepatan maksimum kendaraan dengan berfokus pada kombinasi rasio gigi penggerak akhir dengan dimater roda. Metode yang digunakan adalah perhitungan dan implementasi untuk melihat kesesuaian dengan teori perhitungan. Analisis perhitungan dilakukan untuk melihat hubungan rasio penggerak akhir dan diameter roda terhadap kecepatan maksimum. Dari penelitian ini diperoleh hubungan semakin besar rasio penggerak akhir semakin kecil nilai kecepatan maksimum. Untuk diameter roda, berlaku sebaliknya semakin besar diameter semakin besar nilai kecepatan maksimum yang diperoleh. Diperoleh persamaan V_maks = 282,09 D - 46,78 ig + 183,53; dimana Vmaks, D dan Ig secara berturut-turut menunjukkan nilai kecepatan maksimum, diameter roda dan rasio penggerak akhir (gardan). Hasil perhitungan dan implementasi menunjukkan hasil yang sama dengan tingkat perbedaan dibawah 5%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-06-21
How to Cite
WIJAYANTO, Rudi Purwo; HAIFAN, Mohamad; SHUBHI, Aries. Analisis Perhitungan dan Implementasi Pengaruh Rasio Gigi Penggerak Akhir dan Diameter Roda pada Kecepatan Maksimum Kendaraan. Jurnal Energi Dan Manufaktur, [S.l.], v. 6, n. 01, p. 43-48, june 2023. ISSN 2541-5328. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jem/article/view/100087>. Date accessed: 04 july 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JEM.2023.v16.i01.p08.
Section
Articles