TAPPING BOX APPLICATION, QUALITY SERVICE, TAX KNOWLEDGE, TAX PAYER’S OBEDIENCE WITH TAX PENALTY AS MODERATING VARIABLE

  • Ni Ketut Rasmini Universitas Udayana
  • Sri Harta Mimba Universitas Brawijaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penerapan tapping box, kualitas pelayanan, dan pengetahuan perpajakan terhadap kepatuhan Wajib Pajak Hotel dan Restoran dengan variabel pemoderasi sanksi pajak pada Badan Pendapatan Daerah Denpasar. Penelitian ini dilakukan pada seluruh Hotel dan Restoran yang memiliki aplikasi tapping box di Denpasar (141 unit). Pengumpulan data dilakukan dengan metode survei dan hanya 100 kuesioner yang digunakan dalam penelitian ini. Data diuji dengan menggunakan analisis regresi yang dimoderasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan tapping box, kualitas pelayanan, dan pengetahuan perpajakan berpengaruh positif terhadap kepatuhan Wajib Pajak Hotel dan Restoran. Sanksi pajak semakin memperkuat dampak penerapan kotak sadap, kualitas pelayanan, dan pengetahuan perpajakan terhadap kepatuhan Wajib Pajak Hotel dan Restoran. Penelitian ini memberikan kontribusi tentang pentingnya penerapan kotak sadap, memberikan pelayanan yang baik, pengetahuan tentang pajak daerah, dan sanksi perpajakan yang dapat meningkatkan kepatuhan wajib pajak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ajzen, I. (1991) ‘The Theory of Planned Behavior’, Organizational Behaviour and Human Decision Processes, 50, pp. 179–211.

Ghozali, I. (2016) Application of Multivariate Analysis with the SPSS Program. Semarang: BP UNDIP.

James, S. and Nobes, C. (1997) The Economics of Taxation, Principle, Policy and Practice. Europe: Prentice Hall.

Komala, K. C. (2014) ‘The Influence of Tax Service Quality on Corporate Taxpayer Compliance’, Taxation Student Journal, 2(1), pp. 1–9.

Kusuma, K. C. (2016) The Effect of Tax Service Quality, Understanding of Taxation Regulations and Tax Sanctions on Individual Taxpayer Compliance in Paying Taxes. Yogyakarta State University.

Mareta, E., Handayani, S. R. and Husaini, A. (2014) ‘Pengaruh Pelaksanaan Sensus Pajak Nasional, Kualitas Pelayanan dan Pengetahuan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak’, Jurnal Mahasiswa Perpajakan, 3(1).

Mustikasari, E. (2007) ‘Empirical Study on Corporate Taxpayer Compliance in Processing Industry Companies in Surabaya’, in Empirical Study on Corporate Taxpayer Compliance in Processing Industry Companies in Surabaya. Accounting X Nationa lSymposium.

Palil, M. R. (2005) ‘Does Tax Knowledge Mater in Self Assessment System Evidence from Malaysia Tax Administrative’, The Journal of the American Academy of Business, 6(2), pp. 80–84.

Romandana, A. (2012) Pengaruh Pengetahuan Pajak, Persepsi tentang Petugas Pajak dan Sistem Administrasi Pajak terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. STIE Perbanas Surabaya.

Service, D. C. R. (2016) Final Report on Capital Expenditure Activities for Procurement of Tapping Box Tool. Jakarta.

Susilawati, K. E. and Budiartha, K. (2013) ‘Pengaruh kesadaran wajib pajak, pengetahuan pajak, sanksi perpajakan dan akuntabilitas pelayanan publik pada kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor’, E Jurnal Akuntansi Univeristas Udayana, 4(2), pp. 345–357.

Webley, P. et al. (1991) Tax Evasion: An Experimental Approach. United Kingdom: Cambridge University Press.
Published
2021-02-28
How to Cite
RASMINI, Ni Ketut; MIMBA, Sri Harta. TAPPING BOX APPLICATION, QUALITY SERVICE, TAX KNOWLEDGE, TAX PAYER’S OBEDIENCE WITH TAX PENALTY AS MODERATING VARIABLE. Jurnal Ekonomi Kuantitatif Terapan, [S.l.], p. 219-241, feb. 2021. ISSN 2303-0186. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jekt/article/view/70871>. Date accessed: 24 oct. 2021. doi: https://doi.org/10.24843/JEKT.2021.v14.i01.p11.