Penerapan Analisis Jalur Dalam Analisis Faktor Determinan Eksklusivitas Pemberian ASI Di Wilayah Kerja Puskesmas Payangan, Gianyar

  • Ni Wayan Wiwin Cahyani PS Ilmu Kesehatan Masyarakat Fak. Kedokteran Universitas Udayana

Abstract

ASI eksklusif direkomendasikan oleh WHO diberikan kepada bayi selama enam bulan pertama. Walaupun ASI memiliki banyak manfaat, tetapi cakupan ASI eksklusif di Indonesia masih rendah. Banyak penelitian tentang faktor determinan ASI eksklusif telah dilakukan tetapi kebanyakan menggunakan regresi logistik padahal lebih tepat menggunakan analisis jalur. Tujuan penelitian ini adalah untuk meneliti faktor determinan eksklusivitas pemberian ASI di wilayah kerja Puskesmas Payangan, Gianyar.

Penelitian ini merupakan penelitian cross-sectional. Sampel berjumlah 113 ibu yang memiliki bayi umur 0-6 bulan. Sampel dipilih dengan teknik cluster sampling. Untuk menganalisis faktor determinan eksklusivitas pemberian ASI digunakan metode analisis jalur. Data dikumpulkan dengan wawancara menggunakan kuesioner penelitian.

Praktik pemberian ASI reponden penelitian ini terdiri dari ASI tidak eksklusif 54,9%, ASI eksklusif 24 jam 13,3%, dan ASI eksklusif sejak lahir 31,9%. Eksklusivitas pemberian ASI tidak dipengaruhi oleh pengetahuan ibu, sikap ibu, peran keluarga dan peran tenaga kesehatan. Tetapi terdapat hubungan antara variabel lain seperti pengetahuan ibu yang berpengaruh terhadap sikap ibu dengan efek 0,362 dan p = 0,00. Peran keluarga berpengaruh terhadap pengetahuan ibu (efek = 0,271 dengan p = 0,005) dan sikap ibu ( efek langsung = 0,280, efek tidak langsung = 0,098 dan total efek = 0,378 dengan p = 0,002).

Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa eksklusivitas pemberian ASI tidak dipengaruhi oleh pengetahuan ibu, sikap ibu, peran keluarga dan peran tenaga kesehatan, namun terdapat hubungan antara variabel lain yaitu pengaruh pengetahuan ibu terhadap sikap ibu serta pengaruh peran keluarga terhadap pengetahuan dan sikap ibu. Sehingga pemerintah perlu meningkatkan kegiatan edukasi dan membuat program sejenis program suami siaga namun ditargetkan kepada anggota keluarga untuk meningkatkan peran keluarga dalam praktik pemberian ASI eksklusif.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2014-01-10
How to Cite
CAHYANI, Ni Wayan Wiwin. Penerapan Analisis Jalur Dalam Analisis Faktor Determinan Eksklusivitas Pemberian ASI Di Wilayah Kerja Puskesmas Payangan, Gianyar. Community Health, [S.l.], v. 2, n. 1, jan. 2014. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jch/article/view/7700>. Date accessed: 14 may 2024.
Section
Articles

Keywords

Eksklusivitas ASI, Analisis jalur, Peran Keluarga