Status Gizi Penyandang Cacat (Tunagrahita Dan Tunarungu) Di Sekolah Luar Biasa B Negeri Pembina Tingkat Nasional Kelurahan Jimbaran Kabupaten Badung

  • I Kadek Arya Sugatama Putra PS Ilmu Kesehatan Masyarakat Fak. Kedokteran Universitas Udayana

Abstract

Penyandang cacat adalah setiap orang yang mempunyai kelainan fisik dan atau mental, yang dapat mengganggu atau menghambat dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Penilaian status gizi untuk penyandang cacat dilakukan karena keterbatasan mereka dalam memperoleh kecukupan kebutuhan zat gizi serta berkurangnya kemampuan beraktivitas fisik seperti orang normal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui status gizi anak-anak penyandang cacat (tunagrahita dan tunarungu).

Desain penelitian ini adalah cross sectional. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 62 anak-anak penyandang cacat (tunagrahita dan tunarungu) di SLB B N PTN Kelurahan Jimbaran. Pengambilan sampel dilakukan secara Systematic Random Sampling. Data yang dikumpulkan yaitu status gizi (IMT/U dan TB/U).

Hasil penelitian menunjukkan status gizi subyek menurut indeks IMT/U menunjukkan sebanyak 16,1% yang tergolong kurus, dan sebanyak 24,2% tergolong gemuk. Berdasarkan status gizi subyek menurut indeks TB/U sebanyak 16,1% yang tergolong pendek. Berdasarkan status gizi subyek menurut indeks IMT/U dan TB/U subyek sebanyak 6,5% yang tergolong kurus dan pendek, serta sebanyak 4,8% yang tergolong gemuk dan pendek.

Saran yang diberikan dengan memperhatikan segala asupan makanan yang dimakan, selalu memperhatikan dan mengajak anak-anak penyandang cacat (tunagrahita dan tunarungu) untuk berinteraksi dengan sesama, dan membantu dalam mendapatkkan akses pelayanan kesehatan yang dibutuhkan.  Petugas kesehatan selalu melakukan pemantauan tumbuh kembang anak-anak penyandang cacat (tunagrahita dan tunarungu) yang ada di SLB B N Pembina PTN Kelurahan Jimbaran Kabupaten Badung.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2014-01-10
How to Cite
PUTRA, I Kadek Arya Sugatama. Status Gizi Penyandang Cacat (Tunagrahita Dan Tunarungu) Di Sekolah Luar Biasa B Negeri Pembina Tingkat Nasional Kelurahan Jimbaran Kabupaten Badung. Community Health, [S.l.], v. 2, n. 1, jan. 2014. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jch/article/view/7694>. Date accessed: 14 may 2024.
Section
Articles

Keywords

Anak penyandang cacat, Status gizi, SLB B