Evaluasi Tingkat Kepuasan Masyarakat Pengguna Layanan Posyandu Di Wilayah Kerja Puskesmas I Denpasar Selatan Tahun 2013
Abstract
Tingkat partisipasi masyarakat pengguna Posyandu di Puskesmas I Denpasar Selatan menunjukkan tren menurun pada tahun 2012 bahkan belum memenuhi target cakupan D/S sebesar 75% pada trimester akhir (September – Desember tahun 2012). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi tingkat kepuasan masyarakat pengguna layanan Posyandu di wilayah kerja Puskesmas I Denpasar Selatan.
Rancangan penelitian ini adalah deskriptif cross sectional. Teknik pengambilan sampel adalah consecutive sampling terhadap 70 orang yang menggunakan pelayanan Posyandu di wilayah kerja Puskesmas I Denpasar Selatan dari bulan April sampai Mei 2012. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner tingkat kinerja dan tingkat kepentingan dan hasilnya ditabulasi serta dianalisis menggunakan metode analisis tingkat kesesuaian/kepuasan dan analisa diagram kartesius.
Dalam penelitian terhadap lima dimensi mutu yaitu penampilan, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan perhatian pelayanan, didapatkan hasil rata-rata total persentase tingkat kesesuaian dari lima dimensi mutu sebesar 89,97%. Item-item di kuadran A atau prioritas utama adalah ketersediaan media penyuluhan, kebersihan Posyandu, tindakan cepat petugas, pengetahuan dan kemampuan petugas memberikan penyuluhan, serta pengetahuan dan kemampuan petugas memberikan pelayanan kesehatan. Kuadran B atau yang perlu dipertahankan kinerjanya adalah ketelitian petugas Posyandu melakukan penimbangan balita, memberikan informasi hasil penimbangan, kejelasan informasi yang diberikan, menimbang balita dengan aman, keramahan, kesabaran petugas, kader memberikan pelayanan tanpa memandang status sosial. Kuadran C atau prioritas rendah adalah kelengkapan alat-alat Posyandu, petugas melaksanakan kegiatan penyuluhan, memberikan informasi jadwal Posyandu, serta pengetahuan dan kemampuan petugas dalam pengisian KMS. Kuadran D atau pelaksanaanya sangat memuaskan dan jauh melampaui harapan pengguna layanan adalah kebersihan penampilan petugas, prosedur penerimaan balita, jadwal pelaksanaan Posyandu dilaksanakan dengan tepat , dan petugas dalam menyampaikan penghargaan kepada pengguna Posyandu.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengguna layanan sangat puas terhadap kualitas layanan Posyandu namun masih terdapat item-item dimensi mutu yang perlu ditingkatkan pada pelayanan Posyandu terutama adalah kemampuan petugas dalam melakukan penyuluhan dan ketersediaan media penyuluhan. Oleh karena itu Puskesmas I Denpasar Selatan perlu memberikan pelatihan kepada kader dalam penyuluhan dan serta meningkatkan ketersediaan media penyuluhan.