Evaluasi Tingkat Kepuasan Masyarakat Pengguna Layanan Posyandu Di Wilayah Kerja Puskesmas I Denpasar Selatan Tahun 2013

  • Ni Gusti Ayu Putri Widartini PS Ilmu Kesehatan Masyarakat Fak. Kedokteran Universitas Udayana

Abstract

Tingkat partisipasi masyarakat pengguna  Posyandu di Puskesmas I Denpasar Selatan menunjukkan tren menurun pada tahun 2012 bahkan belum memenuhi target cakupan D/S sebesar 75% pada trimester akhir  (September – Desember tahun 2012).  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi tingkat kepuasan masyarakat pengguna layanan Posyandu di wilayah kerja Puskesmas I Denpasar Selatan.

Rancangan penelitian ini adalah  deskriptif cross sectional. Teknik pengambilan sampel adalah consecutive sampling terhadap 70 orang yang menggunakan pelayanan Posyandu di wilayah kerja Puskesmas I Denpasar Selatan dari bulan April sampai Mei 2012. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner tingkat kinerja dan tingkat kepentingan dan hasilnya ditabulasi serta dianalisis menggunakan metode analisis tingkat kesesuaian/kepuasan dan analisa diagram kartesius.

Dalam penelitian terhadap lima dimensi mutu yaitu penampilan, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan perhatian pelayanan, didapatkan hasil rata-rata total persentase tingkat kesesuaian dari lima dimensi mutu sebesar 89,97%.  Item-item di kuadran A atau prioritas utama adalah ketersediaan media penyuluhan, kebersihan Posyandu, tindakan cepat petugas, pengetahuan dan kemampuan petugas memberikan  penyuluhan, serta pengetahuan dan kemampuan petugas memberikan pelayanan kesehatan. Kuadran B atau yang perlu dipertahankan kinerjanya adalah  ketelitian petugas Posyandu melakukan penimbangan balita, memberikan informasi hasil penimbangan, kejelasan informasi yang diberikan, menimbang  balita dengan aman, keramahan, kesabaran petugas,  kader memberikan pelayanan tanpa memandang status sosial.  Kuadran C atau prioritas rendah adalah  kelengkapan alat-alat Posyandu, petugas melaksanakan kegiatan penyuluhan, memberikan informasi jadwal Posyandu, serta pengetahuan dan kemampuan petugas dalam pengisian KMS. Kuadran D atau pelaksanaanya sangat memuaskan dan jauh melampaui harapan pengguna layanan adalah kebersihan penampilan petugas, prosedur penerimaan balita, jadwal pelaksanaan Posyandu dilaksanakan dengan  tepat , dan petugas dalam menyampaikan penghargaan kepada pengguna Posyandu.

Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengguna layanan sangat puas terhadap kualitas layanan Posyandu namun  masih terdapat item-item dimensi mutu yang perlu ditingkatkan pada pelayanan Posyandu terutama adalah   kemampuan  petugas dalam melakukan  penyuluhan dan ketersediaan  media penyuluhan. Oleh karena itu  Puskesmas I Denpasar Selatan perlu memberikan pelatihan kepada kader dalam  penyuluhan dan  serta meningkatkan ketersediaan media penyuluhan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2013-10-10
How to Cite
WIDARTINI, Ni Gusti Ayu Putri. Evaluasi Tingkat Kepuasan Masyarakat Pengguna Layanan Posyandu Di Wilayah Kerja Puskesmas I Denpasar Selatan Tahun 2013. Community Health, [S.l.], v. 1, n. 3, oct. 2013. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jch/article/view/7653>. Date accessed: 13 may 2024.
Section
Articles

Keywords

Tingkat Kepuasan, Pengguna Posyandu, Puskesmas I Denpasar Selatan