Evaluasi Program Vaksinasi Kanker Serviks Di Kabupaten Badung Tahun 2012

  • Made Somantari Yuliana PS Ilmu Kesehatan Masyarakat Fak. Kedokteran Universitas Udayana

Abstract

Kanker Serviks merupakan jenis kanker terbanyak nomor tiga di kalangan perempuan di dunia setelah kanker payudara. Kanker serviks disebut juga “silent killer” karena perkembangan kanker ini sangat sulit dideteksi. Perjalanan dari infeksi virus menjadi kanker membutuhkan waktu yang cukup lama, sekitar 10-20 tahun. Pada tahun 2005, jumlah wanita berusia 15-64 tahun di Indonesia sebanyak 65 juta dan prevalensi kanker serviks adalah 50 per 100.000 perempuan. Di Bali setiap 2 hari ada 3 perempuan meninggal karena kanker serviks. Dengan memperhatikan hal tersebut Pemerintah Kabupaten Badung melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Badung melaksanakan tindakan pencegahan penyakit kanker serviks dengan melakukan Vaksinasi HPV sebanyak 1534  siswi kelas X SMA Negeri se-Kabupaten Badung Tahun 2012. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk melakukan evaluasi pelaksanaan program vaksinasi kanker serviks di Kabupaten Badung tahun 2012.

Penelitian ini  adalah suatu evaluasi program dan pengumpulan data dilakukan di seluruh instansi kesehatan dan organisasi profesi serta SMA Negeri terkait program dengan menggunakan kuisioner terstruktur.Hasil penelitian menyatakan bahwa input program vaksinasi kanker serviks telah berjalan dengan baik 69,6% diantaranya adalah baik 100% pada metode, baik 56,5% pada dana, baik 87,0% pada orang yang terlibat dalam program dan sarana dinyatakan baik 60,9%. Proses dinyatakan baik sebesar 52,2% diantaranya baik 91,3% pada Penentuan Sasaran dan tidak baik 56,5% pada Sosialisasi. Output dinyatakan baik sebanyak 87,0%. Secara keseluruhan Program Vaksinasi Kanker Serviks di Kabupaten Badung Tahun 2012 dinyatakan “Baik” sebanyak 69,6 % dan “Tidak Baik” sebanyak 21,7 %.

Disarankan kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Badung untuk melakukan pengembangan program pencegahan kanker serviks selanjutnya, khususnya meningkatkan persiapan dalam hal sosialisasi dengan mempertimbangkan penggunaan media sosial dan media elektronik untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang kanker serviks dan cara pencegahannya kaitannya dengan  peningkatan derajat kesehatan dan mengurangi risiko terkena kanker serviks.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2013-10-10
How to Cite
YULIANA, Made Somantari. Evaluasi Program Vaksinasi Kanker Serviks Di Kabupaten Badung Tahun 2012. Community Health, [S.l.], v. 1, n. 3, oct. 2013. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jch/article/view/7652>. Date accessed: 13 may 2024.
Section
Articles

Keywords

Vaksinasi, Kanker Serviks