Hubungan Faktor Internal Dengan Kinerja Pegawai Di Rumah Sakit Umum Daerah Wangaya Kota Denpasar

  • Kadek Dwi Maryanti Pande PS Ilmu Kesehatan Masyarakat Fak. Kedokteran Universitas Udayana

Abstract

Kinerja adalah suatu bentuk hasil kerja yang dapat dicapai oleh seorang pegawai demi mencapai tujuan organisasi atau perusahaan yang dapat diukur melalui indikator-indikator pengukuran kinerja. Faktor internal pegawai sangat penting diperhatikan dalam rangka pencapaian tujuan organisasi secara optimal diantaranya faktor pendidikan, pengalaman kerja, disiplin serta motivasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara faktor internal dengan kinerja pegawai di Rumah Sakit Umum Daerah Wangaya Kota Denpasar tahun 2013.

Penelitian ini merupakan penelitian analitik kuantitatif dengan rancangan penelitian cross sectional. Sampel penelitian ini berjumlah 90 orang yang dipilih dengan teknik proportionate stratified random sampling. Berdasarkan gambaran karakteristik responden, sebagian besar responden memiliki tingkat pendidikan D.III dan berstatus sebagai Pegawai Negeri Sipil. Data dikumpulkan melalui kuesioner terstruktur kemudian dianalisis melalui uji chi square dengan tingkat kepercayaan 95% atau ?=0,05.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan ada hubungan bermakna antara pendidikan dengan kinerja pegawai di RSUD Wangaya dengan nilai p = 0.000. Faktor pengalaman kerja memiliki hubungan bermakna dengan kinerja pegawai dengan nilai p = 0.000. Ada hubungan bermakna antara disiplin dengan kinerja pegawai di RSUD Wangaya dengan nilai p = 0.000. Serta ada hubungan bermakna antara motivasi dengan kinerja pegawai di RSUD Wangaya (p = 0.000).

Kesimpulan dari penelitian ini yaitu faktor pendidikan, pengalaman kerja, disiplin serta kinerja memiliki hubungan yang bermakna dengan kinerja pegawai di RSUD Wangaya. Saran pada penelitian ini adalah sebaiknya pihak RSUD Wangaya lebih meningkatkan dan mengantisipasi terjadinya pelanggaran disiplin yang menyebabkan penurunan kinerja dengan melakukan pengawasan dan evaluasi kinerja secara teratur dan berkesinambungan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2013-10-10
How to Cite
PANDE, Kadek Dwi Maryanti. Hubungan Faktor Internal Dengan Kinerja Pegawai Di Rumah Sakit Umum Daerah Wangaya Kota Denpasar. Community Health, [S.l.], v. 1, n. 3, oct. 2013. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jch/article/view/7651>. Date accessed: 13 may 2024.
Section
Articles

Keywords

Pendidikan, Pengalaman Kerja, Disiplin, Motivasi, Kinerja