Hubungan Faktor-Faktor Motivasi Dengan Motivasi Kerja Karyawan Di Rumah Sakit Umum Puri Raharja Kota Denpasar Tahun 2013

  • Noviyanti Pratama PS Ilmu Kesehatan Masyarakat Fak. Kedokteran Universitas Udayana

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih banyaknya karyawan di RSU Puri Raharja yang melakukan tindakan yang melanggar kedisiplinan seperti tingginya tingkat absensi karyawan yang tidak memenuhi standar yaitu kurang dari 160 jam setiap bulan. Hal ini dapat mengakibatkan motivasi kerja dan kinerja karyawan tersebut menurun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran faktor-faktor motivasi kerja yaitu faktor kepuasan kerja, faktor kepemimpinan, faktor kompensasi, dan faktor lingkungan kerja serta mencari hubungan antara variabel tersebut terhadap motivasi kerja karyawan.

Penelitian ini dilakukan secara Cross Sectional dengan metode analisis menggunakan Analisis Deskriptif Kuantitatif yaitu Analisis Univariat dan Analisis Bivariat. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik Proportionate Stratified Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 71 orang karyawan, yang terdiri dari tenaga medis, paramedis keperawatan, paramedis non keperawatan dan non medis.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebesar 60,6% responden merasa tidak puas terhadap pekerjaannya, sebesar 50,7% responden menyatakan kepemimpinan dalam kategori baik, sebesar 56,3% responden berpendapat bahwa kompensasi dalam kategori tidak baik, sebesar 52,1% responden berpendapat bahwa lingkungan kerja dalam kategori baik, dan sebesar 52,1% responden memiliki motivasi kerja yang rendah. Penelitian ini juga menunjukkan adanya hubungan bermakna antara kepuasan kerja dengan motivasi kerja karyawan (OR = 3.941, p = 0.007), kepemimpinan dengan motivasi kerja karyawan (OR = 3.875, p = 0.019), kompensasi dengan motivasi kerja karyawan (OR = 3.377, p = 0.014), dan lingkungan kerja dengan motivasi kerja karyawan (OR = 3.435, p = 0.012).

Kesimpulan dari penelitian ini yaitu kepemimpinan dan lingkungan kerja dalam kategori baik, sedangkan kepuasan kerja dan kompensasi dalam kategori tidak baik dan seluruh variabel memiliki hubungan yang bermakna dengan motivasi kerja karyawan. Saran untuk penelitian ini agar pihak RSU Puri Raharja lebih memperhatikan kepuasan kerja karyawan serta pemberian kompensasi khususnya penghargaan non financial.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2013-10-10
How to Cite
PRATAMA, Noviyanti. Hubungan Faktor-Faktor Motivasi Dengan Motivasi Kerja Karyawan Di Rumah Sakit Umum Puri Raharja Kota Denpasar Tahun 2013. Community Health, [S.l.], v. 1, n. 3, oct. 2013. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jch/article/view/7650>. Date accessed: 25 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

Kepuasan Kerja, Kepemimpinan, Kompensasi, Lingkungan Kerja, Motivasi Kerja