Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Jumlah Kunjungan Pasien Di Poliklinik Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Daerah Sanjiwani Gianyar

  • I Wayan Arie Priyanka PS Ilmu Kesehatan Masyarakat Fak. Kedokteran Universitas Udayana

Abstract

Pada tahun 2012, dari 18 Poliklinik yang ada di RSUD Sanjiwani Gianyar 4 diantaranya mengalami penurunan jumlah kunjungan yaitu pada Poliklinik Gigi, THT, Tumbuh Kembang, dan Anak. Penurunan jumlah kunjungan di 4 Poliklinik tersebut kemungkinan disebabkan oleh banyak hal, dan salah satunya kemungkinan disebabkan oleh bauran pemasaran yang diterapkan oleh RSUD Sanjiwani Gianyar. Penelitian ini bertujuan untuk mencari apakah ada pengaruh bauran pemasaran terhadap jumlah kunjungan pasien di Poliklinik Gigi, THT, Tumbuh Kembang, dan Anak.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional dengan metode pengumpulan data melalui wawancara menggunakan kuisioner dan studi dokumen terkait jumlah kunjungan pasien. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan bantuan komputer (Software Analisis)

Hasil penelitian menunjukan bahwa dari hasil uji F, bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, promosi, tempat, orang, proses, dan layanan kosumen memiliki pengaruh secara bersama-sama terhadap jumlah kunjungan  baik di Poliklinik Gigi, Poliklinik THT, Poliklinik Tumbuh Kembang, maupun Poliklinik Anak. Sedangkan dari hasil uji t, pada Poliklinik Gigi produk, harga, tempat,orang, proses dan layanan konsumen memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap jumlah kunjungan. Pada Poliklinik THT hanya harga,orang, dan proses yang memiliki pengaruh secara signifikan terhadap jumlah kunjungan. Pada Poliklinik Tumbuh kembang, hanya harga, promosi, orang, dan proses yang memiliki pengaruh secara signifikan terhadap jumlah kunjungan. Pada Poliklinik Anak, hanya harga yang memiliki pengaruh secara signifikan terhadap jumlah kunjungan.

Kesimpulan dari penelitian ini, dari hasil uji F bauran pemasaran memiliki pengaruh yang signifikan terhadap jumlah kunjungan baik di Poliklinik Gigi, THT, Tumbuh Kembang, dan Anak. Sedangkan dari hasil uji t, bauran pemasaran ada yang memiliki pengaruh signifikan, memiliki pengaruh tetapi tidak signifikan, dan ada juga yang tidak memiliki pengaruh terhadap jumlah kunjungan di Poliklinik Gigi, THT, Tumbuh Kembang, dan Anak. Bauran pemasaran perlu mendapat perhatian khusus serta perlu dilakukan upaya-upaya tertentu seperti menjaga dan meningkatkan kualitas pelayanan, menetapkan tarif yang terjangkau, menjaga dan meningkatkan kualitas SDM, serta memperhatikan ketepatan jadwal pemeriksaan pasien, Sehingga bauran pemasaran dapat memiliki pengaruh yang positif terhadap jumlah kunjungan yaitu meningkatkan jumlah kunjungan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2013-07-10
How to Cite
PRIYANKA, I Wayan Arie. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Jumlah Kunjungan Pasien Di Poliklinik Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Daerah Sanjiwani Gianyar. Community Health, [S.l.], v. 1, n. 2, july 2013. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jch/article/view/7637>. Date accessed: 26 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

Bauran Pemasaran , Poliklinik, Jumlah Kunjungan