PENGARUH PELATIHAN TICKETING TERHADAP PRODUKTIVITAS STAFF TICKETING DI GARUDA INDONESIA AIRLINES, DENPASAR-BALI
Abstract
Persaingan ketat yang terjadi diantara maskapai penerbangan membuat semua maskapai bersaing dalam meningkatkan kualitas pelayanan. Tidak terkecuali Garuda Indonesia Airlines sebagai maskapai yang paling unggul dalam pelayanan di Indonesia juga melakukan berbagai upaya tersebut seperti memberikan pelatihan ticketing kepada staff ticketing di Garuda Indonesia Airlines. Oleh karena itu penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui mengenai pengaruh pelatihan ticketing yang diberikan terhadap produktivitas staff ticketing di Garuda Indonesia Airlines, Denpasar-Bali.
Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, kuesioner, dokumentasi dan studi kepustakaan. Jenis data yang digunakan yaitu kualitatif dan kuantitatif. Sumber data yaitu data primer dan data sekunder. Teknik penentuan informan menggunakan purposive sampling, teknik penentuan populasi menggunakan accessible population dan teknik analisis data menggunakan mixed method yaitu kualitatif dan kuantitatif serta didukung dari hasil kuesioner yang menggunakan skala likert.
Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan dengan Bapak I Made Agus Mertha Yasa sebagai Sales Office Supervisor dan juga pelatih ticketing, serta didukung dari hasil kuesioner yang telah disebar kepada seluruh staff ticketing yang berjumlah 10 responden, dapat diketahui bahwa pelatihan ticketing sangat berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan dan kedisiplinan staff ticketing pada saat menjalani pelatihan maupun pada saat waktu bekerja. Materi yang diberikan pada saat pelatihan ticketing yaitu sistem reservasi ALTEA Amadeus dan product knowledge berupa Garuda Zone.