PENGARUH PELAYANAN PRAMUWISATA LOKAL TERHADAP CITRA DAYA TARIK WISATA BESAKIH

  • I Putu Ery Darmawan PS. S1 Industri Perjalanan Wisata, Fakultas Pariwisata, Universitas Udayana
  • I Made Kusuma Negara PS. S1 Industri Perjalanan Wisata, Fakultas Pariwisata, Universitas Udayana
  • I Putu Sudana PS. S1 Industri Perjalanan Wisata, Fakultas Pariwisata, Universitas Udayana

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi sampai saat ini belum dapat diketahui apakah pelayanan pramuwisata lokal berpengaruh terhadap citra daya tarik wisata, belum ada penelitian mengenai hal tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah variabel kualitas pelayanan yang terdiri dari bukti langsung, empati, daya tanggap, keandalan, dan jaminan berpengaruh terhadap citra Daya Tarik Wisata Besakih.


Responden dalam penelitian ini adalah wisatawan yang berkunjung ke Daya Tarik Wisata Bessakih yaitu sebanyak 100 orang responden dengan teknik accidental sampling. Data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, kuesioner, studi kepustakaan, dan dokumentasi. Kemudian data di anaisis dengan analisis skala linkert, uji validitas dan reliabilitas, analisis regresi linier berganda, dan analisis determinasi. Berdasarkan analisis data statistik, indikator dalam penelitian ini telah valid dan variabelnya bersifat reliabel. Berdasarkan hasil penelitian, 2 variabel independen telah memenuhi syarat penerimaan hipotesis, yaitu nilai sig kurang dari 0,05. Dari hasil analisis determinasi diperoleh hasil bahwa pelayanan pramuwisata lokal terhadap citra Daya Tarik Wisata Besakih diperoleh hasil 48,4 % . Hal ini menunjukkan bahwa bahwa kualitas pelayanan pramuwisata lokal berpengaruh sebesar 48,4 % terhadap Citra Daya Tarik Wisata. Sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti lebih lanjut dalam penelitian ini.


Berdasarkan analisis tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang sedang antara kualitas pelayanan pramuwisata lokal terhadap citra Daya Tarik Wisata Besakih. di sarankan kepada pengelola untuk melakukan perbaikan pada sikap pramuwisata lokal terhadap kelahan yang disampaikan wisatawan sehingga bisa meningkatkan kepuasan pelanggan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-01-10
How to Cite
ERY DARMAWAN, I Putu; KUSUMA NEGARA, I Made; SUDANA, I Putu. PENGARUH PELAYANAN PRAMUWISATA LOKAL TERHADAP CITRA DAYA TARIK WISATA BESAKIH. Jurnal Analisis Pariwisata, [S.l.], v. 17, n. 2, p. 93-97, jan. 2018. ISSN 1410-3729. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jap/article/view/36486>. Date accessed: 24 apr. 2024.