PERSEPSI MASYARAKAT LOKAL TERHADAP PERKEMBANGAN AKOMODASI PARIWISATA, STUDI KASUS: DESA ADAT SEMINYAK, KECAMATAN KUTA KABUPATEN BADUNG, BALI

  • Komang Trisna Pratiwi Arcana Sekolah Tinggi Pariwisata Bali

Abstract




Pertumbuhan akomodasi pariwisata (Villa) di Kecamatan Kuta Utara yang begitu pesat dan cenderung tidak terkendali telah menimbulkan kekhawatiran pada dampak yang mungkin muncul (aspek sosial-budaya, lingkungan dan ekonomi). Kesenjangan antara bene t dan cost dari fenomena tersebut menimbulkan pertanyaan tentang bagaimana persepsi, respon, perubahan perilaku budaya dan pola pikir masyarakat lokal terhadap perkembangan akomodasi wisata didaerah mereka. Untuk mengkaji kasus tersebut, penelitian ini mengkombinasikan kedua bentuk metodologi baik kuantitatif dan kualitiatif (multi-method). Metode kualitatif dilakukan dengan cara melakukan observasi ke lokasi penelitian untuk melihat perilaku masyarakat lokal di Desa Seminyak dan melakukan pembicaraan informal (interview) yang dipandu oleh pedoman wawancara terkait dengan persepsi masyarakat lokal, kepala desa, dan para pengelola akomodasi (villa). Sedangkan metode kuantitatif dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada masyarakat lokal (90 reponden) yang dipilih secara acak. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa reaksi atau respon masyarakat terhadap perkembangan akomodasi berada pada fase Euphoria. Hal ini dilihat dari beberapa gejala, dimana secara umum respon masyarakat cenderung lebih fokus terhadap keuntungan dari aspek ekonomi dan seolah-olah mengesampingkan dampak lain yang timbul seperti dalam aspek sosial-budaya dan lingkungan.




Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-01-08
How to Cite
TRISNA PRATIWI ARCANA, Komang. PERSEPSI MASYARAKAT LOKAL TERHADAP PERKEMBANGAN AKOMODASI PARIWISATA, STUDI KASUS: DESA ADAT SEMINYAK, KECAMATAN KUTA KABUPATEN BADUNG, BALI. Jurnal Analisis Pariwisata, [S.l.], v. 16, n. 1, p. 52-60, jan. 2018. ISSN 1410-3729. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jap/article/view/36370>. Date accessed: 08 may 2024.