STRATEGI MENJADIKAN RUMPUT LAUT SEBAGAI BRANDING KULINER DI PANTAI PANDAWA, DESA KUTUH, KABUPATEN BADUNG

  • Ni Nyoman Sri Aryanti PS. Diploma IV Pariwisata, Fakultas Pariwisata, Universitas Udayana
  • I Nyoman Tri Sutaguna PS. Diploma IV Pariwisata, Fakultas Pariwisata, Universitas Udayana

Abstract




Sebelum dikembangkan sebagai daerah tujuan wisata Pantai Pandawa merupakan salah satu sentra penghasil rumput laut yang ada di Bali. Tersedianya bahan baku rumput laut yang dibudidayakan oleh masyarakat setempat di kawasan pantai pandawa tersebut merupakan potensi yang sangat potensial untuk mengembangkan wisata kuliner. Menghadirkan sajian kuliner yang berbahan dasar rumput laut di pantai pandawa tentu akan memberikan keunikan dan kesan tersendiri bagi pengunjung di Pantai Pandawa.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi pengnjung pantai Pandawa terhadap sajian kuliner yang berbahan dasar rumput laut dan juga strategi yang dapat dilakukan untuk dapat menjadikan sajian rumput laut menjadi branding kuliner di pantai pandawa. Kajian-kajian dan teori tentang kuliner, gastronomi dan juga branding akan digunakan sebagai landasan untuk membahas permasalahan yang akan diteliti. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif yang didukung dengan data kuantitatif sehingga dapat memberikan gambaran tentang permasalahan yang akan dibahas.


Hasil penelitian ini menemukan bahwa pengunjung pantai pandawa menyukai sajian berbahan dasar rumput laut dan sangat ingin menikmati sajian kuliner ini saat berkunjung ke pantai pandawa. Sajian berbahan rumput laut yang sangat ingin dinikmati pertama adalah keripik rumput laut, agar-agar kemudian es/jus rumput laut. Harga yang bersedia dibayar mayoritas pada kisaran harga 10-25 ribu rupiah per porsi sajian berbahan dasar ruput laut. Strategi untuk menjadikan sajian kuliner berbahan dasar rumputlaut sebai branding kuliner yaitu melakukan analisis pasar salah satunya mengetahui persepsi pengunjung terhadap sajian kuliner ini, menetapkan image atau branding yang diharapkan dari sajian kuliner ini, memperkenalkan dan menyebarluaskan informasi tentang sajian berbahan dasar rumput laut ini dan mengimplementasikan branding ini dengan melakukan kerjasama antar pihak-pihak yang terkait.




Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-07-29
How to Cite
SRI ARYANTI, Ni Nyoman; TRI SUTAGUNA, I Nyoman. STRATEGI MENJADIKAN RUMPUT LAUT SEBAGAI BRANDING KULINER DI PANTAI PANDAWA, DESA KUTUH, KABUPATEN BADUNG. Jurnal Analisis Pariwisata, [S.l.], v. 16, n. 1, p. 16-22, july 2016. ISSN 1410-3729. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jap/article/view/36366>. Date accessed: 08 may 2024.