PENGEMBANGAN POTENSI WISATA PURBAKALA (HERITAGE TOURISM) BERBASIS MASYARAKAT DI DAS PAKERISAN, KECAMATAN TAMPAKSIRING, KABUPATEN GIANYAR

  • Nyoman Sukma Arida PS. S1 Destinasi Pariwisata, Fakultas Pariwisata, Universitas Udayana
  • Made Adikampana PS. S1 Destinasi Pariwisata, Fakultas Pariwisata, Universitas Udayana

Abstract




Penelitian ini bertujuan untuk mengidenti kasi potensi wisata heritage yang ada di dalam kawasan DAS Pekerisan, khususnya yang ada di wilayah Kecamatan Tampaksiring, maupun yang terdapat di kawasan sekitar destinasi inti. Tujuan ini dicapai dengan melakukan kajian yang bercorak kualitatif dengan serangkaian diskusi terbatas terarah, observasi, dan wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kawasan DAS Pekerisan memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan sebagai salah-satu wisata minat khusus di Gianyar. Potensi tersebut dapat dipilah menjadi potensi inti (core) dan pendukung. Sedangkan respon masyarakat setempat dalam mengembangkan potensi yang ada tergolong positif atau siap untuk terlibat dalam pengembangan destinasi. Strategi yang dapat dtempuh dalam mengembangkan kawasan wisata heritage DAS Pekerisan antara lain: konekti kasi, revitalisasi, dan pemberdayaan masyarakat lokal.




Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-07-29
How to Cite
SUKMA ARIDA, Nyoman; ADIKAMPANA, Made. PENGEMBANGAN POTENSI WISATA PURBAKALA (HERITAGE TOURISM) BERBASIS MASYARAKAT DI DAS PAKERISAN, KECAMATAN TAMPAKSIRING, KABUPATEN GIANYAR. Jurnal Analisis Pariwisata, [S.l.], v. 16, n. 1, p. 9-15, july 2016. ISSN 1410-3729. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jap/article/view/36364>. Date accessed: 29 mar. 2024.