Tradisi Lisan di Nusa Tenggara Timur Sebagai Latar Daerah dalam Penulisan Karya Sastra Modern

  • Maria Matildis Banda Universitas Udayana
  • Ida Bagus Jelantik Sutanegara Pidada Universitas Udayana

Abstract

Artikel ini menjelaskan kehidupan ekonomi dan sosial budaya, dalam tradisi lisan, sebagai latar daerah. Fokusnya pada data karya sastra dua antologi puisi pesan perdamaian dari Nusa Tenggara Timur seri 1 (2018) dan seri 2 (2019); dua antologi cerpen pesan perdamaian seri I (2018) dan seri 2 (2019); serta dua novel Suara Samudra (2017) dan Orang-Orang Oetimu (2019). Tujuannya untuk menemukan data latar daerah berbasis tradisi lisan dalam sastra modern, serta bagaimana karya sastra modern juga berperan dalam pewarisan tradisi lisan. Penelitian pustaka, tanggapan pembaca, diskusi kelompok terpadu, dan wawancara dalam penelitian lapangan, merumuskan tiga hal     tentang bentuk dan sumber daya tradisi lisan sebagai latar daerah: toleransi dan kedamaian; mata pencaharian hidup dan problem TKW; serta kepercayaan tradisional, budaya, dan sejarah. Latar daerah berbasis tradisi lisan memiliki fungsi bagi: pewarisan nilai-nilai kebersamaan, kerendahan hati, kerukunan; tanggung jawab laki-laki dalam keluarga, keberanian menolak berbagai bentuk kekerasan, keyakinan pada kampung halaman; serta kepercayaan tradisional, dan nilai-nilai sejarah lokal. Selanjutnya karya sastra dan tradisi lisan tidak hanya berhenti pada nilai-nilai saja, tetapi juga aspek ekonomi dan pemecahan masalah sosial yang tersimpan di baliknya

References

Banda, Maria Matildis dan Fanny Poyk, 2019. “Narasi Rindu, Tema dan Kekuatan Konflik dalam Merangkai Alur Cerita Antologi Cerpen Pesan Perdamaian dari Bumi Flobamora” dalam Banda dan Poyk (ed). Narasi Rindu Antologi Cerpen Pesan Perdamaian dari Bumi Flobamora. Hlm. xiii-xl. Jakarta: Kosa Kata Kita.

Banda, Maria Matildis, 2018. “Perempuan dengan Tiga Senyuman Tema dan Refleksi Sosial dalam Antologi Cerpen untuk Bumi Flobamora” dalam Banda dan Poyk (ed). Perempuan dengan Tiga Senyuman Antologi Cerpen Pesan Perdamaian dari Bumi Flobamora. Hlm. 9 - 36. Jakarta: Kosa Kata Kita.

Banda, Maria Matildis. 2017. Suara Samudra. Yogyakarta: Kanisius. Bataona, Yosef Demon. 2021. “Harmoni Relasi Vertikal-Horisontal dalam Novel Suara Samudra Maria Matildis Banda” dalam Sehandi (ed). Antologi Esai dan Kritik Sastra NTT. Hlm. 383-390. Jakarta: Kosa Kata Kita.

Beding, Alex. 2020. “Orang Lamalera dan Spirit Kelautan” (Seri 1), dalam majalah Warta Flobamora, Edisi 83, Tahun VIII, 2020.

Darma Putra, Nyoman. 2021. Heterogenitas Sastra di Bali. Denpasar: Pustaka Larasan.

Ena, Alfred B. Jogo (Editor). 2018. Bulan Peredam Prahara: Antologi Puisi Pesan Perdamaian dari Bumi Flobamora, Seri 1. Jakarta: Kosa Kata Kita.

Emzir, dkk.2015. Teori dan Pengajaran Sastra. Jakarta: Raja Prafindo Persada.

Geme, dkk.ed. 2020. Menemukan Nilai Kerukunan dalam Kearifan Lokal. Sleman Yogyakarta: Tonggak Media.

Hildayati, N. F. & Rengganis, R. (2020). “Hegemoni Negara dalam Novel Orang-Orang Oetimu” Karya Felix K. Nesi (Kajian Hegemoni Antonio Gramsci). Bapala, Volume 7, Issues 4.

Kleden, Ignas. 1985. “Kebudayaan: Agenda buat Dayacipta” dalam Majalah Prisma No 1 tahun 1985 Tahun XIV. Jakarta: LP3ES.

Kleden, Ignas. 1998. “Fakta dan Fiksi tentang Fakta dan Fiksi: Imajinasi dalam Sastra dan Ilmu Sosial”, dalam Kalam, Edisi II. Jakarta: Institut Studi Arus Informasi.

Kosasih, E. 2014. Dasar-Dasar Ketrampilan Bersastra. Bandung: Yrama Widya.

Kotan, Julia Daniel (Editor). 2020. Kepada Pedang dan Nyala Api: Antologi puisi Pesan Perdamaian dari Bumi Flobamora, Seri 2. Jakarta: Kosa Kata Kita.

Laksana, A.S., dkk. (2018). Pertanggungjawaban Dewan Juri Sayembara Menulis Novel DKJ Jakarta 2018. https://dkj.or.id/artikel/pertanggungjawabandewan-juri-sayembara-menulis-novel-dewan-kesenian-jakarta-2018/diunggah 02 Juli 2021.

Nesi, Felix. K. 2019. Orang Orang Oetimu. Tangerang: Margin Kiri.

Pudentia, MPSS. 2004. “Kelisanan dan Keberaksaraan dalam Naskah Roro Mendut dan Pronocitro: Kasus Perlawanan Pesisiran Terhadap Mataram” dalam Naskah, Tradisi Lisan dan Sejarah. Jakarta: Akademi Jakarta Bekerja sama dengan PMB-LIPI, PSDR - LIPI, dan ATL

Sehandi, Yohanes (Editor). 2021. Antologi Esai dan Kritik Sastra NTT. Jakarta: Kosa Kata Kita.

Sehandi, Yohannes. 2017. Sastra Indonesia di NTT dalam Kritik dan Esay. Yogyakarta: Ombak.

Sehandi, Yohanes. 2015. Sastra Indonesia Warna Daerah NTT. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Taum, Yapi Yoseph, dkk (Ed.). 2019. Pesan Perdamaian dari Bumi Flobamora Antologi Puisi Seri 2. Jakarta: Kosa Kata Kita.

Taum, Yapi Yoseph, dkk (Ed.). 2018. Pesan Perdamaian dari Bumi Flobamora Antologi Puisi Seri 1. Jakarta: Kosa Kata Kita.

Teeuw.A. 1984. Sastra dan Ilmu Sastra. Jakarta: Pustaka Jaya.

Wellek Rene, Austin Waren.2014. Teori Kesusastraan. Jakarta: Kompas Gramedia.

Ngaza di Kampung Guru Sina, Kabupaten Ngada Flores. Disertasi. Denpasar: Fakultas Pascasarjana UNUD.
Published
2021-11-20
How to Cite
MATILDIS BANDA, Maria; JELANTIK SUTANEGARA PIDADA, Ida Bagus. Tradisi Lisan di Nusa Tenggara Timur Sebagai Latar Daerah dalam Penulisan Karya Sastra Modern. International Seminar on Austronesian Languages and Literature, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 372-377, nov. 2021. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/isall/article/view/80398>. Date accessed: 20 apr. 2024.