Kesubjekan Bahasa Dayak Kenyah Lepo’ Tau

  • Achmad Dicky Romadhan Universitas Borneo Tarakan

Abstract

Kesubjekan merupakan istilah yang digunakan untuk menguji subjek dalam sebuah bahasa. Penelitian ini membahas tentang kesubjekan dalam bahasa Dayak Kenyah Lepo’ Tau. Penelitian ini berjenis penelitian deskriptif kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data lisan. Data lisan diambil langsung dari penutur asli bahasa Dayak Kenyah Lepo’ Tau. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik simak dan teknik catat. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa kesubjekan yang ditemukan dalam bahasa Dayak Kenyah Lepo’ Tau memiliki kesamaan dengan tipologi kesubjekan.

References

Arka, I Wayan dan Christopher D. Manning. 1998. “Voice Grammatical Relations in Indonesia: A New Perspective”. Dalam Miriam Butt dan Tracy Holloway King (Ed). Proceedings of The LFG98 Conference. Brisbane: CSLI http:// www-csli.stanford.edu./publications.

Blake, Barry J. 1993. Relational Grammar. London: Routledge.

Comrie, B. 1983. Language Universal and Linguistic Typology. Oxford: Basil Blackwell.

Foley, W.A. 1998. “Symmetrical Voice Systems and Precategoriality in Philippine Languages”. Dalam The Third International LFG Conference. Brisbane: University of Queensland.

Keenan, Edward L., and Bernard Comrie. 1977. “Noun Phrase Accessibility and Universal Grammar”. Dalam Linguistic Inquiry 8.

Kridalaksana, Harimurti. 1993. Kamus Lingusitik. (Edisi Ketiga). Jakarta: PT Gramedia.

Palmer, F. R. 1994. Grammatical Roles and Relations. Cambridge: Cambridge University Press.

Romadhan, A. D. (2019). X-komp bahasa indonesia: analisis tata bahasa leksikal fungsional. Edukasia: Jurnal Pendidikan, 6(1).

Romadhan, A. D. (2019). X-Komp Bahasa Indonesia: Analisis Tata Bahasa Leksikal Fungsional. Edukasia: Jurnal Pendidikan, 6(1), 26–29.

Romadhan, A. D. (2020). Kontruksi Verba Serial Bahasa Dayak Kenyah Lepo’tau. Bahasa: Jurnal Keilmuan Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1), 7–14.

Sudaryanto. 1993. Metode Linguistik: Metode dan Aneka Teknik Pengumpulan Data. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Sugono, Dendy. 1995. Pelesapan Subjek dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Widaningsih, Margaretha Sri. 1997. “Relasi Gramatikal dalam Kalimat Bahasa Tetun Dili”. Tesis (tidak dipublikasi). Denpasar: Universitas Udayana.
Published
2021-11-18
How to Cite
DICKY ROMADHAN, Achmad. Kesubjekan Bahasa Dayak Kenyah Lepo’ Tau. International Seminar on Austronesian Languages and Literature, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 17-21, nov. 2021. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/isall/article/view/79850>. Date accessed: 28 mar. 2024.