Pemahaman Bahasa Korea Sebagai Bahasa Asing Melalui Drama Korea dan K-POP: Kajian Sosiopragmatik

  • Anak Agung Istri Manik Warmadewi 1Universitas Warmadewa

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tentang bagaimana bahasa Korea sebagai bahasa asing yang mampu memberikan pengaruh khususnya dalam menggunakan beberapa kata dalam bahasa Korea dalam kehidupan sehari-harinya. Penelitian ini mengkaji bagaimana lintas budaya melalui drama Korea ataupun dunia K-pop nya berperan dalam memberikan pemahaman bahasa Korea sebagai bahasa asing di Indonesia. Metode kualitatif digunakan untuk mengulas permasalahan dalam penelitian ini dengan menekankan pada pendekatan fenomenologis. Beberapa mahasiswa di lingkungan Fakultas Sastra Universitas Warmadewa yang menyukai drama Korea ataupun K-pop dijadikan sumber data untuk melakukan penelitian. Dari hasil penelitian ditemukan beberapa kata dalam bahasa Korea yang digunakan dalam percakapan tertulis (chat) pada aplikasi Whatsapp. Analisis data dilakukan berdasarkan atas teori pragmatik dan juga bagaimana peran lintas budaya penguasaan bahasa asing yang menjadi bahasa target

References

Andriyani, AAAD., Dkk. 2019. Pengaruh Lintas Budaya Tingkat Tutur Hormat Keigo melalui Media Sosial antara Driver Guide dan Wisatawan Jepang di Bali. Jurnal Mozaik Humaniora, Vol. 19 (1)

Austin, John. 1962. How to Do Things with Words. Oxford: Oxford University Press

Emzir. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif (Edisi Revisi). Jakarta: Rajawali Pers.

https://id.wikipedia.org/wiki/Meme_internet

https://id.wikipedia.org/wiki/WhatsApp

https://kbbi.kemdikbud.go.id/

https://www.wattpad.com/370582349-belajar-bahasa-korea-perkenalan-dengan-bahasa

Primantari, AN., Wijana, IDP. 2017. Tindak Tutur Meminta Oleh Pembelajar Bipa Dari Korea: Kajian Pragmatik Bahasa Antara (Interlanguage Pragmatics). Jurnal Penelitian Humaniora, Vol. 18, No 1.

Rahardi, Kunjana. 2009. Sosiopragmatik; Kajian Imperatif dalam Wadah Konteks Sosiokultural dan Konteks Situasionalnya. Yogyakarta: Erlangga.

Revita, Ike. 2017. Sosiopragmatik, Teori dan Praktik. Padang: Penerbit Erka.

Sanulita, H. 2019. Pemanfaatan Pendekatan Pragmatik dalam Pengajaran Bahasa Berbasis Pemahaman Lintas Budaya. Prosiding Seminar Nasional Linguistik dan Sastra (Semantiks).

Sugiyono 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta

Sutopo, H. B. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif: Teori dan Aplikasinya Dalam Penelitian. Surakarta: sebelas maret university press.
Published
2021-11-18
How to Cite
MANIK WARMADEWI, Anak Agung Istri. Pemahaman Bahasa Korea Sebagai Bahasa Asing Melalui Drama Korea dan K-POP: Kajian Sosiopragmatik. International Seminar on Austronesian Languages and Literature, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 12-16, nov. 2021. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/isall/article/view/79849>. Date accessed: 03 oct. 2022.