PENDEKATAN ERGONOMI TOTAL MENINGKATKAN KUALITAS HIDUPPEKERJA WANITA PENGANGKUT KELAPA DI BANJAR SEMAJA ANTOSARI SELEMADEG TABANAN BALI

  • I Nyoman Artayasa

Abstract

Kelompok (sekeha) pemetik kelapa (ngalap nyuh) ini terdiri dari 3 bagian pekerja yaitu (a) pemetik kelapa (tukang ngalap) (b) pengumpul (tukang nuduk) kelapa, (c) pengangkut kelapa (tukang suwun). Pengangkut kelapa melaksanakan pekerjaannya dengan meletakkan keranjang di atas kepala yang memuat sebanyak ± 25 biji kelapa, berat ± 25 kg, jarak ± 500 m dan dilaksanakan di tegalan dengan sudut kemiringan 10º - 25º. Setelah selesai bekerja mereka merasakan sakit pinggang, pegal-pegal di seluruh tubuh terutama di bagian tungkai dan leher. Jika dilihat beban kerja yang dihitung berdasarkan frekuensi denyut nadi kerja ternyata besarnya adalah 126,24±14,10 denyut/menit dan digolongkan pada katagori pekerjaan berat. Demikian pula dengan skor kelelahan mencapai 64,10±15,29 dan skor gangguan muskuloskeletal 56,25±7,44. Ergonomi total dapat diterapkan pada sektor ini, sehingga beban kerja, kelelahan dan keluhan sistem muskuloskeletal dapat diminimalkan dan pada akhirnya produktivitas kerja dapat ditingkatkan. Penelitian eksperimental ini menggunakan rancangan sama subjek, dan melibatkan 20 sampel penelitian yang dipilih secara acak sederhana pada pekerja wanita pengangkut kelapa di Banjar Semaja Antosari Tabanan Bali. Data dianalisis dengan uji t-paired dan Wilcoxon Signed Rank Test pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan penurunan beban kerja, kelelahan, keluhan muskuloskeletal, dan peningkatan produktivitas secara bermakna (p<0,05). Dapat disimpulkan, pendekatan ergonomi total menurunkan beban kerja dilihat dari penurunan denyut nadi kerja sebesar 10,61%. Penurunan kelelahan 53.97%, keluhan sistem muskuloskeletal 48,01%. Konsekuensinya, terjadi peningkatan produktivitas sebesar 48.84%. Dengan demikian dapat dikatakan pendekatan ergonomi total dapat meningkatkan kualitas hidup pekerja wanita pengangkut kelapa di Banjar Semaja Antosari Tabanan Bali.

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
ARTAYASA, I Nyoman. PENDEKATAN ERGONOMI TOTAL MENINGKATKAN KUALITAS HIDUPPEKERJA WANITA PENGANGKUT KELAPA DI BANJAR SEMAJA ANTOSARI SELEMADEG TABANAN BALI. INDONESIAN JOURNAL OF BIOMEDICAL SCIENCES, [S.l.], nov. 2012. ISSN 2302-2906. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/ijbs/article/view/3743>. Date accessed: 19 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

ergonomi total, beban kerja, kelelahan, keluhan muskuloskeletal, produktivitas.