Penyelenggaraan Miss Universe 2021 Sebagai Upaya Nation Branding Israel Untuk Meningkatkan Pariwisata Pasca Covid-19
Abstract
ABSTRAKPenyelenggaraan Mega-Event Miss Universe 2021 Sebagai Upaya Nation Branding Israel Untuk Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Internasional Pasca Covid-19
Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan Upaya Nation Branding Israel melalui Miss Universe untuk meningkatkan kunjungan wisatawan internasional pasca Covid-19. Akibat dari pandemi Covid-19 menyebabkan menurunnya jumlah wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke Israel. Hal ini kemudian membuat Pemerintah Israel membuat kebijakan untuk mempercepat pemulihan pariwisata. Adapun kebijakannya adalah dengan mencanangkan program Vaksinasi untuk memutus penyebaran virus Covid-19. Selama berjalannya program tersebut, menghasilkan sebanyak 80% warga Israel telah terivaksinasi. Hal ini membuat Israel sebagai salah satu negara tercepat di dunia dalam pogram vaksinasi. Mendengar bahwa Israel telah berhasil melakukan program tersebut, Miss Universe Organization menawarkan Israel untuk menjadi tuan rumah Miss Universe 2021. Penelitian ini dianalisis secara kualitatif menggunakan konsep Diplomasi Publik dan Nation Branding. Peneliti kemudian menemukan jawaban bahwa suatu negara menjadi tuan rumah acara mega-event merupakan sebuah keuntungan terutama dalam hal mempromosikan pariwisata. Momentum ini digunakan oleh Israel untuk mewujudkan upaya Nation Branding Israel melalui Miss Universe untuk meningkatkan kunjungan turis internasional pasca pandemi Covid-19. Adapun hasil dari upaya tersebut adalah terjadinya peningkatan tourist arrival pada periode 2021-2022 yang diikuti dengan peningkatan FDI yang di capai oleh Israel.
Kata Kunci : Diplomasi Publik, Israel , Miss Universe, Nation Branding,