HUBUNGAN GAYA KEPEMIMPINAN, BUDAYA ORGANISASI, DAN INSENTIF DENGAN KINERJA PEGAWAI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH TEUKU UMAR ACEH JAYA, ACEH, INDONESIA

  • Eka Rahmayuli MKM Universitas Syiah Kuala
  • . Martunis Magister Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala
  • Irwan Saputra Magister Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala

Abstract

Rumah sakit menjalankan perannya sebagai pusat kesehatan dengan pelayanan paripurna sehingga diperlukan kinerja yang optimal dari staf dan pekerja didalamnya. Perilaku pekerja akan menghasilkan kinerja jangka panjang yang positif dan peningkatan kemampuan personil, atau sebaliknya dipengaruhi beberapa faktor yaitu gaya kepemimpinan, budaya organisasi dan insentif. Penelitian ini merupakan suatu penelitian non-experimental dengan penyajian secara deskriptif dan analitik. Sebuah penelitian menggunakan desain cross sectional yang dianalisis dengan uji Chi-Square. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan subyek penelitian adalah pegawai yang bekerja pada RSUD Teuku Umar  Kabupaten Aceh Jaya seluruhnya berjumlah  320 orang. Hasil penelitian menunjukkan  bahwa gaya kepemimpinan termasuk dalam kategori transformatif  sebanyak 50,3%, dan adanya hubungan antara gaya kepemimpinan terhadap pemberian kinerja pegawai (p=0,000). Didapatkan mayoritas budaya organisasi termasuk dalam kategori baik sebesar 57,2%, dan adanya hubungan budaya organisasi terhadap kinerja pegawai dengan p=0,017. Mayoritas insentif termasuk dalam kategori sesuai sebesar 59,1%, dan ada hubungan insentif terhadap kinerja pegawai dengan p=0,006. Disimpulkan bahwa adanya hubungan antara gaya kepemimpinan, budaya organisasi, dan insentif terhadap kinerja pegawai RSUD Teuku Umar Kabupaten Aceh Jaya yang bermakna (sig<0.05).

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

. Martunis, Magister Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala

Magister Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala

Irwan Saputra, Magister Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala

Magister Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala

Published
2023-02-28
How to Cite
RAHMAYULI, Eka; MARTUNIS, .; SAPUTRA, Irwan. HUBUNGAN GAYA KEPEMIMPINAN, BUDAYA ORGANISASI, DAN INSENTIF DENGAN KINERJA PEGAWAI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH TEUKU UMAR ACEH JAYA, ACEH, INDONESIA. E-Jurnal Medika Udayana, [S.l.], v. 12, n. 2, p. 12-16, feb. 2023. ISSN 2303-1395. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/96764>. Date accessed: 04 may 2024. doi: https://doi.org/10.24843/MU.2023.V12.i02.P03.