PERSEPSI MAHASISWA PENDIDIKAN DOKTER UNIVERSITAS UDAYANA TERHADAP PERKULIAHAN LURING DAN DARING DALAM PEMBELAJARAN BASIC SCIENCE

  • Ida Ayu Gede Wida Utami Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

Abstract

Pandemi Covid-19 berdampak terhadap bidang pendidikan sehingga metode perkuliahan semakin beragam. Hal ini menyebabkan terbentuklah beragam persepsi terhadap metode perkuliahan baik luring maupun daring. Semakin jelas persepsi mahasiswa maka semakin jelas metode yang diminati oleh mahasiswa. Tujuan penelitian ini mengetahui persepsi mahasiswa pendidikan dokter Universitas Udayana terhadap perkuliahan luring dan daring dalam pembelajaran basic science.


Responden penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan dokter Universitas Udayana Angkatan 2019 & 2020. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan total sampling dan menggunakan kuesioner persepsi mahasiswa terhadap perkuliahan luring dan daring.


Sebanyak 392 responden yang telah memenuhi kriteria inklusi, didapatkan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa berdasarkan jenis kelas yang disukai dan kepuasan pembelajaran secara umum, mahasiswa cenderung lebih memilih perkuliahan luring. Walaupun perkuliahan daring dianggap baik dan membantu selama pandemi Covid-19, mahasiswa cenderung tidak setuju jika perkuliahan luring digantikan sepenuhnya oleh perkuliahan daring.


Simpulan penelitian ini mahasiswa pendidikan dokter Universitas Udayana lebih menyukai perkuliahan luring dibandingkan daring dalam pembelajaran basic science.


Kata kunci: Persepsi Mahasiswa, Perkuliahan Luring, Perkuliahan Daring

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-12-29
How to Cite
WIDA UTAMI, Ida Ayu Gede. PERSEPSI MAHASISWA PENDIDIKAN DOKTER UNIVERSITAS UDAYANA TERHADAP PERKULIAHAN LURING DAN DARING DALAM PEMBELAJARAN BASIC SCIENCE. E-Jurnal Medika Udayana, [S.l.], v. 12, n. 12, p. 133-138, dec. 2023. ISSN 2303-1395. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/95009>. Date accessed: 12 may 2024. doi: https://doi.org/10.24843/MU.2023.V12.i12.P18.