Pengaruh penerapan teknik distraksi audiovisual terhadap kecemasan anak talasemia dan non-talasemia saat tindakan invasif

  • Halimah Halimah Poltekkes Kemenkes Jambi
  • Reta Renylda

Abstract

ABSTRAK


 


Talasemia merupakan penyakit kronik kelainan darah bawaan akibat defisiensi rantai ? hemoglobin yang membutuhkan hospitalisasi berulang. Tindakan invasif tidak hanya menimbulkan nyeri tapi juga kecemasan. Kecemasan berulang yang tidak diintervensi dapat menyebabkan masalah kesehatan mental. Tujuan studi ini untuk mengetahui pengaruh teknik distraksi audiovisual dalam menurunkan kecemasan saat tindakan invasif baik pada anak talasemia dan non-talasemia. Penelitian quasi eksperiment ini dilakukan pada anak talasemia dan non talasemia pada 3 Rumah sakit di Jambi dengan control group design. Responden dibagi 2 yaitu kelompok intervensi dan kontrol dengan masing-masing 15 anak usia pra sekolah dan sekolah. Kecemasan anak talasemia dan non talasemia dibandingkan, kemudian kecemasan anak yang mendapat tindakan invasif juga dibandingkan antara kelompok kontrol dan yang diberi intervensi teknik distraksi audiovisual. Hasil penelitian, tidak ada perbedaan signifikan antara kecemasan anak talasemia dan non talasemia yang dilakukan tindakan invasif tanpa intervensi audiovisual dengan nilai p 0,182, dan nilai p 0,573 pada kelompok intervensi audiovisual. Ada pengaruh teknik distraksi audiovisual terhadap penurunan kecemasan anak, baik anak talasemia ataupun non-talasemia dengan nilai p 0,0001. Setiap anak mengalami kecemasan saat hospitalisasi terutama pada prosedur invasif, sehingga baik anak talasemia maupun non talasemia perlu mendapatkan intervensi keperawatan salah satunya adalah dengan teknik distraksi audiovisual.


 


Kata kunci : Teknik distraksi audiovisual; kecemasan anak; talasemia; non talasemia; tindakan invasif 


 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-07-21
How to Cite
HALIMAH, Halimah; RENYLDA, Reta. Pengaruh penerapan teknik distraksi audiovisual terhadap kecemasan anak talasemia dan non-talasemia saat tindakan invasif. E-Jurnal Medika Udayana, [S.l.], v. 12, n. 7, p. 1-5, july 2023. ISSN 2303-1395. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/93630>. Date accessed: 13 may 2024. doi: https://doi.org/10.24843/MU.2023.V12.i07.P01.