EFFECT OF COMBINATION KANGAROO MOTHER CARE (KMC) AND LULLABY MUSIC LISTENING TO CHANGE OF TEMPERATURE AND HEART RATE IN LOW BIRTH WEIGHT BABIES

  • Ika Yulia Darma Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Syedza Saintika,Padang ,Sumatra barat
  • Nuuva Yusuf Stikes Mutiara Mahakam,Samarinda
  • Silvi Zaimy Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Syedza Saintika,Padang ,Sumatra barat
  • Meldafia Idaman Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Syedza Saintika,Padang ,Sumatra barat

Abstract

Latar Belakang: Beberapa intervensi terapeutik di NICU seperti Kangaroo Mother Care dan terapi musik memiliki manfaat bagi aspek psikologis dan respon fisiologis bayi. Musik pengantar tidur dapat memberikan dukungan prosedural yang efektif di lingkungan yang bising.


Tujuan: menjelaskan pengaruh kombinasi kangaroo mother care (KMC) dan musik Lullaby terhadap perubahan suhu dan denyut jantung pada bayi berat lahir rendah.


Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan Quasi Experimental Design dengan desain non-ekuivalen control group design. Populasi penelitian adalah bayi BBLR yang dirawat di bangsal NICU. Sampel penelitian ini adalah 36 bayi BBLR yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini dilakukan di bangsal NICU RSUD Ambarawa dan RSUD Ungaran. Analisis data meliputi analisis univariat dan bivariat. Uji statistik menggunakan Paired t-test dengan taraf signifikansi p<0,05.


Hasil: Setelah dilakukan intervensi kelompok kombinasi terbukti efektif terhadap perubahan suhu, nadi dan saturasi oksigen dengan nilai rerata lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol dan musik pengantar tidur, secara statistik deskriptif diperoleh rerata suhu 0,100 dan 4,00 untuk detak jantung.


Kesimpulan: kombinasi metode KMC dan musik Lullaby efektif terhadap perubahan suhu dan denyut jantung pada bayi BBLR. Intervensi ini dapat digunakan sebagai pengobatan untuk bayi BBLR di bangsal NICU atau di rumah.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Ika Yulia Darma, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Syedza Saintika,Padang ,Sumatra barat

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Syedza Saintika,Padang ,Sumatra barat

Nuuva Yusuf, Stikes Mutiara Mahakam,Samarinda

Stikes Mutiara Mahakam,Samarinda

Silvi Zaimy, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Syedza Saintika,Padang ,Sumatra barat

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Syedza Saintika,Padang ,Sumatra barat

Meldafia Idaman, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Syedza Saintika,Padang ,Sumatra barat

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Syedza Saintika,Padang ,Sumatra barat

Published
2022-08-30
How to Cite
DARMA, Ika Yulia et al. EFFECT OF COMBINATION KANGAROO MOTHER CARE (KMC) AND LULLABY MUSIC LISTENING TO CHANGE OF TEMPERATURE AND HEART RATE IN LOW BIRTH WEIGHT BABIES. E-Jurnal Medika Udayana, [S.l.], v. 11, n. 8, p. 50-55, aug. 2022. ISSN 2303-1395. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/89144>. Date accessed: 29 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/MU.2022.V11.i8.P08.