HUBUNGAN ANTARA PRESTASI AKADEMIK DENGAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER MAHASISWA PROGRAM STUDI SARJANA KEDOKTERAN ANGKATAN 2018-2020 DI LINGKUNGAN FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS UDAYANA

  • Luh Putu Ayu Mas Dewanti Universitas Udayana

Abstract

Kegiatan ekstrakurikuler merupakan serangkaian program kegiatan belajar mengajar di  luar jadwal jam pelajaran terprogram, yang dimaksudkan untuk meningkatkan cakrawala pandang mahasiswa menumbuhkan bakat dan minat serta semangat pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan ekstrakurikuler ini memiliki banyak manfaat positif yang tidak hanya berguna untuk mengisi waktu luang saja, tetapi juga dapat memotivasi mahasiswa untuk lebih menekuni bidangnya dan berpatisipasi dalam organisasi sehingga dapat berpengaruh terhadap prestasi akademik yang diraih oleh mahasiswa itu sendiri. Penelitian ini menggunakan desain observasional analitik, dengan menggunakan pendekatan cross-sectional. Pengambilan sampel penelitian menggunakan metode consecutive sampling dengan menggunakan rumus slovin. Dari jumlah populasi mahasiswa kedokteran angkatan 2018 hingga 2020 adalah sekitar 600 orang, yang menjadi sampel penelitian berjumlah 240 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan negatif lemah (r=-0,228) antara waktu ekstrakurikuler dengan IPK, yang berarti semakin banyak waktu yang dihabiskan per minggunya untuk kegiatan ekstrakurikuler, maka IPK cenderung semakin rendah. Hasil penelitian ini menunjukkan jumlah dan jenis ekstrakurikuler tidak berpengaruh dengan IPK, namun waktu yang dihabiskan pada kegiatan ekstrakurikuler setiap minggunya berpengaruh terhadap IPK. Terdapat hubungan antara waktu yang dihabiskan untuk kegiatan ekstrakurikuler dengan IPK. Jumlah ekstrakurikuler dan jenis ekstrakurikuler tidak berpengaruh terhadap IPK.


Kata kunci : Ekstrakurikuler. prestasi akademik, mahasiswa kedokteran.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-10-14
How to Cite
DEWANTI, Luh Putu Ayu Mas. HUBUNGAN ANTARA PRESTASI AKADEMIK DENGAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER MAHASISWA PROGRAM STUDI SARJANA KEDOKTERAN ANGKATAN 2018-2020 DI LINGKUNGAN FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS UDAYANA. E-Jurnal Medika Udayana, [S.l.], v. 12, n. 10, p. 88-92, oct. 2023. ISSN 2303-1395. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/88205>. Date accessed: 20 may 2024. doi: https://doi.org/10.24843/MU.2023.V12.i10.P15.