CHARACTERISTICS OF REFERRAL CHILDHOOD PATIENTS IN THE ERA OF NATIONAL HEALTH INSURANCE AT PUSKESMAS DENPASAR TIMUR IN 2021

  • Ni Kadek Dwi Pramana Putri Fakultas Kedokteran Universitas Udayana
  • Dyah Kanya Wati Fakultas Kedokteran Universitas Udayana
  • Dewi Sutriani Mahalini Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

Abstract

Latar belakang: Rujukan adalah pelimpahan wewenang dan tanggung jawab mengenai masalah kesehatan dan kasus-kasus penyakit yang dilakukan secara timbal balik. Di era JKN, untuk meningkatkan pelayanan yang lebih bermutu karena adanya tindakan rujukan yang ditunjukkan pada kasus-kasus yang tergolong berisiko tinggi. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik rujukan Puskesmas pada pasien anak di era jaminan kesehatan nasional di Puskesmas Denpasar Timur. Metode: Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pengambilan data dari rekam medis pasien dan dilakukan wawancara serta observasi singkat. Sampel pada penelitian ini adalah peserta rujukan pasien anak dari jaminan kesehatan nasional di Puskesmas Denpasar Timur periode 2021. Hasil: Hasil penelitian menunjukan sumber daya manusia Puskesmas Denpasar Timur sudah memenuhi standar ketenaga kesehatan. Fasilitas yang tersedia di puskesmas cukup memenuhi standar. Ketersediaan obat sudah sesuai dengan standar Formularium Nasional. Mayoritas pasien rujukan anak merupakan peserta BPJS Kesehatan dan penyakit yang paling banyak dirujuk yaitu gangguan tic. Simpulan: Pelaksanaan rujukan tingkat pertama peserta jaminan kesehatan nasional di Puskesmas Denpasar Timur dilakukan secara berjenjang dan dilakukan sesuai prosedur rujukan yang telah ditetapkan.


Kata Kunci: Karakteristik, Rujukan, Puskesmas,  JKN

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-09-22
How to Cite
PUTRI, Ni Kadek Dwi Pramana; WATI, Dyah Kanya; MAHALINI, Dewi Sutriani. CHARACTERISTICS OF REFERRAL CHILDHOOD PATIENTS IN THE ERA OF NATIONAL HEALTH INSURANCE AT PUSKESMAS DENPASAR TIMUR IN 2021. E-Jurnal Medika Udayana, [S.l.], v. 11, n. 9, p. 43-48, sep. 2022. ISSN 2303-1395. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/87540>. Date accessed: 03 dec. 2022.