HUBUNGAN ANTARA JENIS MASKER DENGAN KELUHAN PERNAPASAN PENGEMUDI OJEK ONLINE DI KOTA DENPASAR

  • Cornelia Ayu Kusumaningrum Udayana University
  • I Putu Adiartha Griadhi
  • I Made Muliarta
  • Susy Purnawati

Abstract

Pendahuluan: Pengemudi ojek online memiliki mobilitas sehari-hari yang cukup tinggi. Mobilitas tinggi terlebih pada saat jam-jam sibuk menjadikan pengemudi ojek online berpotensi menerima pajanan lebih banyak dibanding dengan profesi lain yang juga bekerja dijalanan. Pajanan yang diterima dapat menyebabkan berbagai keluhan pernapasan pada pengemudi ojek online. Keluhan pernapasan dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti jenis masker, derajat merokok, status gizi, masa bekerja, dan juga lama pajanan.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara jenis masker dengan keluhan pernapasan pengemudi ojek online di Kota Denpasar.


Metode: Penelitian ini menggunakan data primer dan pengambilan sampel dengan metode konsekutif. Kuesioner dalam penelitian ini bertujuan untuk melihat nilai perilaku pekerja, derajat merokok, status gizi, dan jenis masker serta keluhan pernapasan pengemudi ojek online. Penelitian ini merupakan penelitian potong lintang dengan desain penelitian observasional. Hubungan antar variabel dievaluasi menggunakan uji Chi-Square dan uji regresi logistik.


Hasil: Penelitian ini melibatkan 97 pengemudi ojek online di Kota Denpasar dengan kriteria eksklusi. Hasil uji Chi-Square menunjukkan adanya hubungan signifikan antara jenis masker dengan keluhan pernapasan pengemudi ojek online (p<0,05). Hasil uji regresi logistik juga menunjukkan bahwa hubungan antara jenis masker dengan keluhan pernapasan pengemudi ojek online bermakna secara signifikan (p<0,05). Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara jenis masker dengan keluhan pernapasan pengemudi ojek online. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut yang melakukan kontrol terhadap variabel pengganggu pada jumlah sampel yang lebih besar.


Kata kunci :  jenis masker, keluhan pernapasan, pengemudi ojek online.


 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

I Putu Adiartha Griadhi

2Departemen Ilmu Faal Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

I Made Muliarta

2Departemen Ilmu Faal Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

Susy Purnawati

2Departemen Ilmu Faal Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

Published
2022-08-05
How to Cite
KUSUMANINGRUM, Cornelia Ayu et al. HUBUNGAN ANTARA JENIS MASKER DENGAN KELUHAN PERNAPASAN PENGEMUDI OJEK ONLINE DI KOTA DENPASAR. E-Jurnal Medika Udayana, [S.l.], v. 11, n. 6, p. 61-64, aug. 2022. ISSN 2303-1395. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/82199>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/MU.2022.V11.i06.P12.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >>