DETERMINAN PERILAKU SKRINING (SCREENING) DIABETES MELLITUS DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS DENPASAR BARAT I DAN II DALAM KERANGKA HEALTH BELIEF MODEL

  • Wirawan, Gede Benny Setia
  • Wisnawa, Ayu Dilia Febriani
  • Laksmi Dewi, Ni Luh Putu Mulia
  • Dharmayanti, Ni Made Sri
  • Kartika Sari, Ayu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari dan mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku skrining diabetes mellitus pada suatu sampel populasi masyarakat Bali. Desain yang digunakan adalah model cross-sectional analitik dengan consecutive sampling. Data diambil menggunakan kuesioner yang diisi sendiri oleh responden. Variabel health belief model dipelajari dengan kuesioner berskala Likert dan meliputi persepsi risiko, persepsi keparahan, persepsi manfaat, dan persepsi hambatan. Determinan lain yang dipelajari meliputi faktor-faktor sosiodemografi, akses layanan kesehatan, dan faktor risiko. Variabel persepsi hambatan ditemukan berhubungan signifikan dengan perilaku skrining dalam analisis bivariat. Sementara faktor lain yang berhubungan signifikan meliputi umur, penghasilan, pendidikan, jarak rumah ke fasyankes, kepemilikan asuransi, riwayat hipertensi, obesitas, dan diabetes mellitus di keluarga. Pada analisis multivariat, perilaku skrining diabetes mellitus ditemukan berhubungan negatif secara independen dengan persepsi hambatan dan persepsi risiko. Faktor lain yang mempengaruhi perilaku skrining secara independen adalah usia, penghasilan, kepemilikan asuransi, dan obesitas.  


Kata Kunci: skrining, diabetes mellitus, health belief model. Puskesmas

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Wirawan, Gede Benny Setia

 

1Program Studi Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana

Wisnawa, Ayu Dilia Febriani

1Program Studi Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana

Laksmi Dewi, Ni Luh Putu Mulia

1Program Studi Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana

Dharmayanti, Ni Made Sri

1Program Studi Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana

Kartika Sari, Ayu

 

2Bagian Ilmu Kedokteran Komunitas dan Ilmu Kedokteran Pencegahan, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana

Published
2021-06-21
How to Cite
BENNY SETIA, Wirawan, Gede et al. DETERMINAN PERILAKU SKRINING (SCREENING) DIABETES MELLITUS DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS DENPASAR BARAT I DAN II DALAM KERANGKA HEALTH BELIEF MODEL. E-Jurnal Medika Udayana, [S.l.], v. 10, n. 6, p. 88-96, june 2021. ISSN 2303-1395. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/77034>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/MU.2021.V10.i6.P17.