Hubungan Hubungan antara Ekspresi BRAF V600E dengan Metastasis dan Derajat Diferensiasi pada Adenokarsinoma Kolorektal

  • Ni Kadek Ayu Maya Damayanti Universitas Udayana
  • Ni Wayan Winarti
  • Ni Putu Sriwidyani
  • Luh Putu Iin Indrayani Maker
  • Herman Saputra
  • I Made Muliarta

Abstract

Karsinoma kolorektal (KKR) didefinisikan sebagai suatu tumor ganas epitelial usus besar yang terjadi akibat pengaruh dari faktor ekstrinsik dan intrinsik. BRAF adalah salah satu serine/theonine protein kinase yang berperan dalam kaskade sinyal yang mengatur proliferasi, diferensiasi, migrasi, keberlangsungan, dan angiogenesis sel. Disregulasi jalur ini menyebabkan terputusnya jalur sinyal normal RAF-MEK-ERK sehingga sinyal proiferasi terus diaktifkan tanpa perlu stimulus dari luar. Saat ini telah ditemukan lebih dari 70 jenis mutasi BRAF dan 90% di antaranya adalah mutasi V600E. Mutasi BRAF V600E ditemukan pada sekitar 10-15% kasus KKR. Mutasi ini berkaitan dengan perilaku biologik agresif, metastasis, serta kurangnya respon terhadap terapi dengan inhibitor EGFR. Oleh sebab itu pemeriksaan ekspresi BRAF V600E dapat digunakan sebagai salah satu faktor prediktif penatalaksanaan lebih lanjut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya hubungan antara ekspresi BRAF V600E dengan metastasis dan derajat diferensiasi adenokarsinoma kolorektal.


Penelitian ini menggunakan rancangan analitik potong lintang dan melibatkan 43 sampel penderita adenokarsinoma kolorektal yang telah dilakukan pemeriksaan histopatologi pada periode tahun 2018-2019 di Laboratorium Patologi Anatomi RSUP Sanglah Denpasar. Data metastasis diperoleh dari data radiologi dan/atau sitologi yang diperoleh melalui penelusuran SIMARS RSUP Sanglah Denpasar atau formulir pemeriksaan histopatologi. Pulasan imunohistokimia dikerjakan untuk menilai ekspresi BRAF V600E. Ekspresi positif jika 75% atau lebih sel tumor mununjukkan pulasan sitoplasma dengan intensitas kuat. Uji chi-square digunakan untuk menilai hubungan antara ekspresi BRAF V600E dengan metastasis dan derajat diferensiasi adenokarsinoma kolorektal.


Dari 43 kasus yang dilibatkan dalam penelitian ini, ditemukan 7 kasus (16,3%) dengan ekspresi BRAF V600E positif, yang seluruhnya merupakan kasus KKR dengan metastasis. Di antara grup metastasis sendiri, ekspresi BRAF V600E ditemukan sebesar 28% (7/25). Tidak ditemukan ekspresi BRAF V600E pada kasus tanpa metastasis. Analisis chi square menunjukkan hubungan antara ekspresi BRAF V600E dan metastasis bermakna secara statistik (p=0,014). Ekspresi BRAF V600E positif hanya ditemukan pada kasus dengan derajat diferensiasi rendah. Akan tetapi, pada studi ini hanya dilibatkan 8 kasus dengan derajat diferensiasi tinggi, dan analisis chi square menunjukkan hubungan antara ekspresi BRAF dan derajat diferensiasi tidak bermakna secara statistik (p=0,167).


Sebagai simpulan, terdapat hubungan antara ekspresi BRAF V600E dengan metastasis pada adenokarsinoma kolorektal. Tidak terdapat hubungan antara ekspresi BRAF V600E dengan derajat diferensiasi pada adenokarsinoma kolorektal.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Ni Wayan Winarti

1Departemen Patologi Anatomi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, RSUP Sanglah Denpasar, Bali

Ni Putu Sriwidyani

1Departemen Patologi Anatomi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, RSUP Sanglah Denpasar, Bali

Luh Putu Iin Indrayani Maker

1Departemen Patologi Anatomi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, RSUP Sanglah Denpasar, Bali

Herman Saputra

1Departemen Patologi Anatomi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, RSUP Sanglah Denpasar, Bali

I Made Muliarta

2Departemen Fisiologi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana,Denpasar-Bali

Published
2022-09-23
How to Cite
DAMAYANTI, Ni Kadek Ayu Maya et al. Hubungan Hubungan antara Ekspresi BRAF V600E dengan Metastasis dan Derajat Diferensiasi pada Adenokarsinoma Kolorektal. E-Jurnal Medika Udayana, [S.l.], v. 11, n. 9, p. 67-74, sep. 2022. ISSN 2303-1395. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/73411>. Date accessed: 29 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/MU.2022.V11.i9.P13.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 8 > >>