PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK ETANOL DAUN SUJI (PLEOMELE ANGUSTIFOLIA N.E. BROWN) TERHADAP VIABILITAS SEL LIMFOSIT PADA KULTUR PBMC YANG DIPAPAR H2O2 3%

  • Apolonia Berenika Badu
  • I.G.K Nyoman Arijana

Abstract

Efek berbahaya radikal bebas semakin meningkat akhir-akhir ini akibat adanya global warming dan konsumsi makanan yang tidak sehat, oleh karena itu  diperlukan suatu strategi untuk mengurangi atau meminimalisir efek tersebut. Salah satu strategi tersebut adalah perlunya suatu zat yang dapat mengurangi efek oksidatif dari radikal bebas dan dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh dengan melindungi dan meningkatkan viabilitas sel limfosit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek ekstrak etanol daun Suji (Pleomele angustifolia N.E. Brown) terhadap viabilitas sel limfosit pada kultur PBMC yang dipapar H2O2 3 %. Rancangan penelitian ini adalah eksperimental murni dengan randomized post test only control group design. Sampel yang digunakan adalah sel limfosit pada kultur PBMC sebanyak 594 x 102 sel/ml. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah konsentrasi ekstrak etanol daun suji, variabel terikat adalah viabilitas jumlah sel limfosit. Data dianalisis dengan One Way ANOVA yang dilanjutkan dengan uji Post Hoc. Pada konsentrasi 0,00032 gr/ml,  setelah pengamatan selama 30 menit, rata-rata viabilitas jumlah sel limfosit sebesar 94,62%. Uji One Way ANOVA memperoleh hasil p value = 0,02 (p <0,05) yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan secara statistik terhadap viabilitas sel limfosit dari perlakuan antara kelompok yang diteliti. Hasil analisis Post Hoc memperoleh hasil terdapat perbedaan yang signifikan pada P0 dan P1, P1 dan P2, P1 dan P3, P1 dan P4, (p<0.005). Ekstrak etanol daun suji efektif dalam meningkatkan viabilitas jumlah sel limfosit dibandingkan dengan kontrol positif. Konsentrasi 0,00032 merupakan konsentrasi yang paling efektif. Diperlukan penelitian lebih lanjut  dengan jumlah sampel yang sama banyak untuk setiap perlakuan.


 


Kata kunci: ekstrak etanol, daun suji, sel limfosit, H2O2

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Apolonia Berenika Badu

1Program Studi Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

I.G.K Nyoman Arijana

1Program Studi Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

Published
2021-05-18
How to Cite
BERENIKA BADU, Apolonia; ARIJANA, I.G.K Nyoman. PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK ETANOL DAUN SUJI (PLEOMELE ANGUSTIFOLIA N.E. BROWN) TERHADAP VIABILITAS SEL LIMFOSIT PADA KULTUR PBMC YANG DIPAPAR H2O2 3%. E-Jurnal Medika Udayana, [S.l.], v. 10, n. 5, p. 21-26, may 2021. ISSN 2303-1395. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/73319>. Date accessed: 19 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/MU.2021.V10.i5.P04.