D PENGARUH KOMUNIKASI INFORMASI EDUKASI (KIE) DENGAN MEDIA TERPADU TERHADAP PENGETAHUAN IBU MERAWAT BALITA DIARE DI PUSKESMAS TANJUNG PINANG KOTA JAMBI

KIE

  • Dini Suryani Universitas Adiwangsa Jambi

Abstract

Rendahnya pengetahuan ibu dalam merawat balita diare akan mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan balita serta dapat mengakibatkan kematian pada balita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komunikasi informasi edukasi (KIE) dengan media terpadu terhadap pengetahuan ibu merawat diare di Puskesmas Tanjung Pinang Kota Jambi. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasy Experimental Pre-Post Test With Control Group. Sampel berjumlah 40 orang, diambil dengan menggunakan systematic random sampling. Hasil uji T dependent didapatkan ada pengaruh komunikasi informasi edukasi (KIE) dengan media terpadu terhadap pengetahuan ibu merawat diare (p= 0,000). Diharapkan pihak pemegang kebijakan di Puskesmas, khususnya ruang poliklinik anak, hendaknya membuatkan satu kebijakan untuk memberikan pendidikan kesehatan perawatan anak dengan diare secara lebih intensif dan terstruktur serta mempertimbangkan media leafleat, alat peraga dan audiovisual sehingga dapat lebih efektif dan efisien.


Kata Kunci: Komunikasi Informasi Edukasi (KIE), media terpadu, diare.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-11-23
How to Cite
SURYANI, Dini. D PENGARUH KOMUNIKASI INFORMASI EDUKASI (KIE) DENGAN MEDIA TERPADU TERHADAP PENGETAHUAN IBU MERAWAT BALITA DIARE DI PUSKESMAS TANJUNG PINANG KOTA JAMBI. E-Jurnal Medika Udayana, [S.l.], v. 10, n. 11, p. 72-75, nov. 2021. ISSN 2303-1395. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/73031>. Date accessed: 08 july 2024. doi: https://doi.org/10.24843/MU.2021.V10.i11.P14.