PREVALENSI RAWAT INAP AKIBAT GEJALA INFEKSI SALURAN PERNAPASAN AKUT (ISPA) PADA BALITA USIA DI BAWAH LIMA TAHUN YANG DITITIPKAN DI TAMAN PENITIPAN ANAK (TPA) KOTA DENPASAR

  • Alvin Alvelino Putra Sutrisna
  • Ayu Setyorini Mestika Mayangsari
  • Eka Gunawijaya

Abstract

Infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) salah satunya pneumonia, merupakan salah satu penyebab tertinggi kematian pada balita usia di bawah lima tahun. Berkurangnya waktu antara anak dan orang tua akibat tuntutan ekonomi dan pekerjaan membuat pengawasan terhadap anak, terutama mengenai tumbuh kembang dan kesehatan anak mulai berkurang. Alasan ini membuat orang tua memilih Taman Penitipan Anak (TPA) sebagai salah satu solusi tempat anak tumbuh dan berkembang. TPA diduga mampu menjadi risiko tempat penyebaran penyakit pada balita, salah satunya adalah ISPA. Atas dasar tersebut penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui prevalensi dan karakteristik faktor balita, lingkungan, dan TPA pada balita yang di rawat inap akibat gejala ISPA yang dititipkan di TPA Kota Denpasar. Penelitian deskriptif potong lintang dengan sampel sebanyak 120 sampel didapat melalui data primer berupa kuesioner yang telah dilakukan di 12 TPA, tersebar di empat wilayah administratif Kota Denpasar. Sampel diambil menggunakan metode Multi Stage Random Sampling. Prevalensi balita yang dirawat inap menunjukkan angka total 10,8%, di mana empat balita dirawat inap akibat gejala ISPA (3,3%) yang diduga seluruhnya menderita pneumonia. Karakteristik balita berupa usia, jenis kelamin, berat lahir, status gizi, rirwayat imunisasi, dan riwayat ASI eksklusif, serta karakteristik lingkungan balita seperti kepadatan hunian, pendidikan ibu, penghasilan, adanya anggota keluarga yang merokok, dan kepadatan TPA pun dievaluasi untuk dapat dijadikan acuan penelitian lebih lanjut.


Kata kunci: prevalensi, rawat inap, ISPA, pneumonia, TPA, penitipan anak

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Alvin Alvelino Putra Sutrisna

1Program Studi Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

Ayu Setyorini Mestika Mayangsari

2SMF Ilmu Kesehatan Anak RSUP Sanglah Denpasar

Eka Gunawijaya

2SMF Ilmu Kesehatan Anak RSUP Sanglah Denpasar

Published
2020-02-10
How to Cite
PUTRA SUTRISNA, Alvin Alvelino; MAYANGSARI, Ayu Setyorini Mestika; GUNAWIJAYA, Eka. PREVALENSI RAWAT INAP AKIBAT GEJALA INFEKSI SALURAN PERNAPASAN AKUT (ISPA) PADA BALITA USIA DI BAWAH LIMA TAHUN YANG DITITIPKAN DI TAMAN PENITIPAN ANAK (TPA) KOTA DENPASAR. E-Jurnal Medika Udayana, [S.l.], v. 9, n. 2, p. 107-111, feb. 2020. ISSN 2303-1395. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/71577>. Date accessed: 24 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/MU.2020.V09.i2.P18.

Most read articles by the same author(s)