HUBUNGAN KARAKTERISTIK, KEPUASAN KERJA, MOTIVASI PERAWAT DAN DOKTER DENGAN KOMITMEN PENCAPAIAN STANDAR PELAYANAN MINIMAL DI INSTALASI GAWAT DARURAT RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KABUPATEN BADUNG MANGUSADA

  • Ni Made Widya Juliati Program Studi Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat, Universitas Udayana
  • Dyah Pradnyaparamita Duarsa Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana
  • Putu Cintya Denny Yuliyatni Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

Abstract

Latar Belakang dan Tujuan : Rendahnya angka pencapaian standar pelayanan minimal di RSUD  Badung dan tidak tercapainya target standard pelayanan minimal (SPM) yang telah ditetapkan menunjukkan beberapa permasalahan. Motivasi, kinerja dan kepuasan kerja yang rendah dapat mempengaruhi target tercapainya komitmen dalam pencapaian standar pelayanan minimal yang ditetapkan di IGD. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan karakteristik, kepuasan kerja, motivasi perawat dan dokter dengan komitmen pencapaian standard pelayanan minimal di IGD


Metode: Penelitian ini menggunakan metode cross-sectional dengan 59 sampel yaitu seluruh tenaga kesehatan di IGD, dengan instrument penelitian berupa kuesioner dengan metode angket. Selanjutnya dilakukan analisis univariat, bivariat dengan chi-square menggunakan  nilai P dengan tingkat kesalahan 5% atau sebesar 0,05, analisis multivariat dengan regresi logistik yang  disertakan dalam uji multivariat dengan nilai p<0,25.


Hasil: Analisis univariat pada variabel komitmen pencapaian SPM  ditemukan 61% responden tidak mempunyai komitmen Pada analisis bivariat tenaga kesehatan yang  mempunyai komitmen lebih banyak dijumpai  pada tenaga kesehatan umur 36-45 tahun, jenis kelamin laki – laki, pendidikan sarjana, masa kerja lebih dari 5 tahun, status perkawinan menikah, dan penghasilan > 2,5 juta. Variabel yang paling dominan adalah Jenis kelamin dengan nilai OR 0,187 (95%IK = 0,043 - 0,805).


Simpulan: Secara umum, dengan rendahnya komitmen pencapaian SPM khususnya pada tenaga kesehatan berjenis kelamin perempuan, perlu menjadi perhatian pihak rumah sakit. Manajemen rumah sakit diharapkan dapat menyeimbangkan antara jenis kelamin laki-laki dan perempuan dalam rekrutmen tenaga kesehatan serta memeberikan kompensasi rutin apabila target tercapai, memperjelas aturan dan kebijakan serta mensosialisaikannya.


 


Kata kunci: Kepuasan Kerja, Motivasi, Komitmen, Komitmen Standar Pelayanan Minimal

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-09-15
How to Cite
JULIATI, Ni Made Widya; PRADNYAPARAMITA DUARSA, Dyah; CINTYA DENNY YULIYATNI, Putu. HUBUNGAN KARAKTERISTIK, KEPUASAN KERJA, MOTIVASI PERAWAT DAN DOKTER DENGAN KOMITMEN PENCAPAIAN STANDAR PELAYANAN MINIMAL DI INSTALASI GAWAT DARURAT RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KABUPATEN BADUNG MANGUSADA. E-Jurnal Medika Udayana, [S.l.], v. 10, n. 9, p. 1-6, sep. 2021. ISSN 2303-1395. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/69570>. Date accessed: 19 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/MU.2021.V10.i9.P01.