A Hubungan Deviasi Septum Nasi Dengan Volume Sinus Maxillaris Dan Letak Ostium Sinus Maxillaris

  • Orpa Seri Program Studi Pendidikan Dokter Spesialis Radiologi Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin

Abstract

ABSTRAK


 


Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan antara deviasi septum nasi dengan volume sinus maxillaris dan letak ostium sinus maksilaris pada pasien yang dilakukan pemeriksaan MSCT sinus paranasalis.


Penelitian ini merupakan penelitian cross sectional yang dilakukan di bagian radiologi RS Universitas Hasanuddin Makassar pada bulan Januari sampai dengan September 2020. Sampel sebanyak 52 pasien dengan deviasi septum yang terdiri atas 27 laki-laki dan 25 perempuan, berumur lebih dari 16 tahun. Analisis data menggunakan uji T independen, uji Pearson dan uji Chi Squere.


Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan volume sinus maksilaris antara pria dan wanita (P <0,05). Terdapat korelasi yang kuat antara volume sinus maksilaris dan jarak ostium sinus maksilaris dari dasar sinus maksilaris (P <0,05). Ostium sinus maksilaris sebagian besar terletak selevel lantai terendah orbita. Tidak terdapat perbedaan yang signifikan volume sinus maksilaris dan letak ostium sinus maksilaris antara antara sisi ipsilateral dan kontralateral dari deviasi septum nasi, tetapi pada deviasi kanan dan deviasi berat, volume sinus maksilaris ipsilateral tampak lebih kecil dari pada kontralateral. Dipercaya bahwa deviasi septum nasi yang menghambat aliran udara hidung dapat mempengaruhi perkembangan sinus maksilaris meskipun efeknya tidak signifikan karena banyak faktor lain yang dapat mempengaruhi perkembangan sinus paranasalis


 


Kata kunci: deviasi septum nasi. volume sinus, letak ostium

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-04-30
How to Cite
SERI, Orpa. A Hubungan Deviasi Septum Nasi Dengan Volume Sinus Maxillaris Dan Letak Ostium Sinus Maxillaris. E-Jurnal Medika Udayana, [S.l.], v. 10, n. 4, p. 37-42, apr. 2021. ISSN 2303-1395. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/69469>. Date accessed: 19 june 2021.