HUBUNGAN FAKTOR RISIKO DENGAN ANGKA KEJADIAN KELAINAN REFRAKSI MAHASISWA TAHUN PERTAMA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS UDAYANA

  • Ni Wayan Jayanti Pradnyandari Fakultas Kedokteran Universitas Udayana
  • I Gusti Ayu Made Juliari Fakultas Kedokteran Universitas Udayana
  • Made Agus Kusumadjaja Fakultas Kedokteran Universitas Udayana
  • S Siska Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

Abstract

ABSTRAK


Kelainan refraksi merupakan gangguan penglihatan yang dapat menyebabkan gangguan pada kehidupan sehari-hari hingga kebutaan. Prevalensi kebutaan dan gangguan penglihatan di Indonesia yang disebabkan oleh kelainan refraksi sebesar 22,1% dan 15% diantaranya merupakan anak usia sekolah. Kejadian kelainan refraksi dapat disebabkan oleh berbagai faktor risiko seperti usia, jenis kelamin, riwayat keluarga, dan aktivitas melihat dekat seperti menggunakan laptop dan gadget. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hubungan faktor risiko dengan angka kejadian kelainan refraksi pada mahasiswa tahun pertama Program Studi Sarjana Kedokteran dan Profesi Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan desain penelitian cross sectional dengan menggunakan 218 responden sebagai sampel penelitian. Proporsi kejadian kelainan refraksi pada mahasiswa tahun pertama di Fakultas Kedokteran Universitas Udayana adalah sebanyak 139 dari 218 responden (63.8%). Kelainan refraksi yang paling banyak terjadi adalah miopia yaitu sebanyak 125 responden (57.3%). Berdasarkan hasil penelitian didapatkan adanya hubungan yang signifikan antara riwayat keluarga responden dengan angka kejadian kelainan refraksi (p=0,000;95% CI 1.683(1.270–2.230)), dan terdapat hubungan yang signifikan antara jarak membaca buku dengan angka kejadian kelainan refraksi (p=0.001;95% CI 1.411(1.127–1.765)). Sehingga dapat disimpulkan bahwa riwayat keluarga dan jarak membaca buku merupakan faktor risiko yang secara signifikan berpengaruh terhadap angka kejadian kelainan refraksi.


Kata kunci: kelainan refraksi, faktor risiko, mahasiswa tahun pertama


 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

I Gusti Ayu Made Juliari, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

Departemen Ilmu Kesehatan Mata FK Unud/RSUP Sanglah Denpasar

Made Agus Kusumadjaja, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

Departemen Ilmu Kesehatan Mata FK Unud/RSUP Sanglah Denpasar

S Siska, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

Departemen Ilmu Kesehatan Mata FK Unud/RSUP Sanglah Denpasar

Published
2021-05-19
How to Cite
PRADNYANDARI, Ni Wayan Jayanti et al. HUBUNGAN FAKTOR RISIKO DENGAN ANGKA KEJADIAN KELAINAN REFRAKSI MAHASISWA TAHUN PERTAMA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS UDAYANA. E-Jurnal Medika Udayana, [S.l.], v. 10, n. 5, p. 14-20, may 2021. ISSN 2303-1395. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/66969>. Date accessed: 27 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/MU.2021.V10.i5.P03.