KUALITAS DAN DERAJAT NYERI PADA INJEKSI PROPOFOL INTRAVENA DENGAN PEMBERIAN LIDOKAIN INTRAVENA DI RSUP SANGLAH DENPASARr

  • Made Sindy Astri Pratiwi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana
  • I Wayan Suranadi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana
  • I Ketut Sinardja Fakultas Kedokteran Universitas Udayana
  • I Putu Kurniyanta Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

Abstract

Induksi anestesi menggunakan propofol secara intravena menyebabkan nyeri yang dapat diatasi dengan premedikasi lidokain intravena. Hingga kini, belum ada penelitian terbaru mengenai derajat dan kualitas nyeri akibat induksi propofol dengan premedikasi lidokain intravena di RSUP Sanglah Denpasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kedua hal di atas. Desain penelitian ini adalah deskriptif observasi cross-sectional  bertempat di RSUP Sanglah Denpasar. Subjek penelitian dipilih dengan consecutive sampling berjumlah 39 pasien berjenis kelamin laki-laki atau perempuan, berusia 18-64 tahun, BMI 18,5-22,9 kg/m2, status fisik ASA I atau II, menjalani operasi elektif dengan propofol intravena dan premedikasi lidokain intravena, serta menandatangani informed consent. Penilaian kualitas nyeri menggunakan SFMP-Q sementara derajat nyeri dinilai menggunakan kombinasi VAS dan NRS. Data yang terkumpul akan dianalisis secara univariat. Nyeri akibat propofol intravena dengan premedikasi lidokain penelitian ini ditemukan tidak nyeri 23,1%, nyeri ringan 74,4%, nyeri sedang 2,6%, dan tidak ada yang mengalami nyeri berat. Lidokain menyebabkan sensitisasi nyeri sensori yang rendah terhadap 80% pasien dan tidak mengalami gangguan afeksi pada 80% pasien. Pada penelitian ini, propofol intravena dengan premedikasi lidokain dapat mengurangi rasa nyeri dengan sensitisasi nyeri yang rendah tanpa gangguan afeksi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-03-21
How to Cite
PRATIWI, Made Sindy Astri et al. KUALITAS DAN DERAJAT NYERI PADA INJEKSI PROPOFOL INTRAVENA DENGAN PEMBERIAN LIDOKAIN INTRAVENA DI RSUP SANGLAH DENPASARr. E-Jurnal Medika Udayana, [S.l.], v. 11, n. 3, p. 1-9, mar. 2022. ISSN 2303-1395. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/66655>. Date accessed: 24 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/MU.2022.V11.i03.P01.

Most read articles by the same author(s)