UJI DAYA HAMBAT EKSTRAK KULIT BATANG KEDONDONG HUTAN (Spondias pinnata, L.F.Kurz) TERHADAP BAKTERI Escherichia coli

  • Nyoman Gilang Putrayasa
  • Ida Bagus Nyoman Putra Dwija

Abstract

Penyakit infeksi seperti diare masih menjadi masalah yang cukup serius di berbagai negara. Infeksi bakteri adalah penyebab diare yang paling sering. Bakteri tersering adalah Eschericia coli. Semakin berkembangnya zaman, banyak obat-obatan seperti antibiotik yang ditemukan untuk mengatasi diare. Penggunaan antibiotik yang kurang tepat dapat menyebabkan resistensi terhadap antibiotik tersebut. Oleh karena itu, dapat digunakan alternatif bahan alami untuk bahan pembuatan antibiotik. Daun kedondong hutan dipercaya oleh masyarakat khususnya di Indonesia sebagai obat tradisional untuk diare. Pada penelitian ini, akan digunakan ekstrak dari kulit batang kedondong hutan untuk dilihat aktifitas antibakterinya terhadap pertumbuhan bakteri Escherichia coli.


Ekstraksi serbuk kulit batang kedondong hutan dimaserasi dengan menggunakan larutan 3 L n- heksana dan kemudian ekstrak dilakukan pengenceran dengan etanol 80%.  Uji antibakteri ekstrak kulit batang kedondong hutan dilakukan dengan konsentrasi 1%,10%, dan 100% menggunakan media MH-agar dan dilakukan dengan 9 kali pengulangan kecuali untuk konsentrasi 100% hanya dilakukan sekali. Pengamatan dilakukan pada hari berikutnya dan di analisis secara deskriptif. Hasil pengamatan menunjukkan ekstrak kulit batang kedondong hutan tidak memiliki daya hambat terhadap pertumbuhan bakteri Escherichia coli yang ditandai dengan tidak adanya zona bening disekitar disk.


Dapat disimpulkan bahwa ekstrak methanol kulit batang kedondong hutan (Spondias pinnata, L.F.Kurz) tidak memiliki daya hambat terhadap bakteri Escherichia coli. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan acuan untuk dilakukan penelitian dengan konsentrasi ekstrak berbeda dan metode lain yang mungkin saja dapat menunjukkan hasil yang lebih baik lagi.


Kata Kunci: Kulit Batang Kedondong Hutan (Spondias pinnata, L.F. Kurz), Escherichia coli, uji daya hambat bakteri

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Nyoman Gilang Putrayasa

1Program Studi Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana

Ida Bagus Nyoman Putra Dwija

2 Bagian Mikrobiologi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

Published
2020-09-28
How to Cite
PUTRAYASA, Nyoman Gilang; DWIJA, Ida Bagus Nyoman Putra. UJI DAYA HAMBAT EKSTRAK KULIT BATANG KEDONDONG HUTAN (Spondias pinnata, L.F.Kurz) TERHADAP BAKTERI Escherichia coli. E-Jurnal Medika Udayana, [S.l.], v. 9, n. 9, p. 25-29, sep. 2020. ISSN 2303-1395. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/65447>. Date accessed: 23 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/MU.2020.V09.i9.P05.