PERBEDAAN PHYSICAL FITNESS PADA BERBAGAI FREKUENSI OLAHRAGA DAN INDEKS MASSA TUBUH MAHASISWA PROGRAM STUDI SARJANA KEDOKTERAN DAN PROFESI DOKTER FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS UDAYANA

  • I Dewa Ayu Agung Diah Sutarini
  • I Made Muliarta
  • I Made Krisna Dinata

Abstract

Mahasiswa membutuhkan physical fitness yang baik demi melaksanakan aktivitas perkuliahan sehari-hari. Physical fitness sangat berkontribusi terhadap kesehatan tubuh yang dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti komposisi tubuh, fungsi kardiovaskular, fungsi otot, dan fleksibilitas tubuh. Tujuan penelitian ini yaitu, untuk mengetahui perbedaan physical fitness pada frekuensi olahraga ?3 kali perminggu dan <  3 kali perminggu  dan indeks massa tubuh normal dan lebih dari normal pada mahasiswa Program Studi Sarjana Kedokteran dan Profesi Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Penelitian menggunakan pendekatan analytic cross sectional, dengan banyaknya sampel minimal yaitu 81 sampel. Pengukuran physical fitness dilakukan dengan cooper test lari 2,4 Km. Hasil dari penelitian ini  terdapat perbedaan waktu lari yang signifikan antar kedua kelompok sampel berdasarkan frekuensi olahraga dan indeks massa tubuh. Berdasarkan hasil penelitian tersebut kelompok sampel yang memiliki physical fitness yang lebih baik, yaitu kelompok dengan olahraga ?3 kali perminggu dan IMT normal. Untuk kelompok olahraga > 3 kali perminggu dan IMT lebih dari normal masih sangat diperlukan olahraga yang rutin dan mengatur pola makan  untuk menjaga physical fitness.


Kata Kunci : Indeks Massa Tubuh, frekuensi olahraga, physical fitness

Author Biographies

I Dewa Ayu Agung Diah Sutarini

1Program Studi Sarjana Kedokteran dan Profesi Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

I Made Muliarta

Departemen Ilmu Faal Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

I Made Krisna Dinata

3Departemen Ilmu Faal Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

Published
2019-11-06
How to Cite
DIAH SUTARINI, I Dewa Ayu Agung; MULIARTA, I Made; DINATA, I Made Krisna. PERBEDAAN PHYSICAL FITNESS PADA BERBAGAI FREKUENSI OLAHRAGA DAN INDEKS MASSA TUBUH MAHASISWA PROGRAM STUDI SARJANA KEDOKTERAN DAN PROFESI DOKTER FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS UDAYANA. E-Jurnal Medika Udayana, [S.l.], v. 8, n. 11, nov. 2019. ISSN 2303-1395. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/54954>. Date accessed: 06 dec. 2019.