HIPERTENSI SEBAGAI FAKTOR RISIKO NYERI NEUROPATI DIABETIK PADA PASIEN DIABETES MELLITUS TIPE II DI RSUP SANGLAH DENPASAR

  • Made Dyah Vismita Indramila Duarsa
  • I Komang Arimbawa
  • Ida Ayu Sri Indrayani

Abstract

Neuropati diabetik (ND) adalah komplikasi mikrovaskular yang paling sering terjadi pada pasien Diabetes Mellitus (DM) tipe 2. ND sebagian besar akan menimbulkan komplikasi lanjutan yaitu nyeri neuropati diabetik (NND) yang secara signifikan menurunkan kualitas hidup pasien DM. Hipertensi disebutkan sebagai salah satu faktor yang signifikan mempercepat terjadinya NND pada pasien DM. Tujuan penelitian ini adalah menentukan faktor risiko sebelum penatalaksanaan  sehingga dapat meningkatkan outcome pada pasien. Penelitian ini menggunakan metode kasus kontrol dengan teknik pengambilan sampel consecutive sampling. Analisis data dilakukan dalam dua tahapan: (1) statistik deskriptif terkait karakteristik dasar subjek penelitian; (2) statistik analitik untuk menghitung Odds Ratio (OR) antara  kelompok kasus dan kontrol. Dari 56 sampel yang diperiksa didapatkan hasil dari 2 tahapan analisis: (1) Statistik deskriptif terkait dengan hipertensi  pada kelompok kasus, kontrol adalah 21 orang (75,00%),11 orang (39,30%); (2) Statistik analitik antara hipertensi dan kejadian NND OR=4,636 IK 95%, p =0,007 (p <0,05) artinya hipertensi memiliki hubungan bermakna dengan angka kejadian NND. Faktor perancu pada penelitian ini ; obesitas, dislipidemia, dan DM tidak terkontrol menunjukkan hasil p tidak bermakna terhadap kejadian NND (p>0,05). Hipertensi adalah faktor risiko independen terhadap angka kejadian NND.


Kata Kunci : Nyeri Neuropati Diabetik, Diabetes Mellitus, Hipertensi

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Made Dyah Vismita Indramila Duarsa

1Program Studi Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

I Komang Arimbawa
  1. Departemen Neurologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana/RSUP Sanglah
Ida Ayu Sri Indrayani

. Departemen Neurologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana/RSUP Sanglah

Published
2019-10-10
How to Cite
INDRAMILA DUARSA, Made Dyah Vismita; ARIMBAWA, I Komang; SRI INDRAYANI, Ida Ayu. HIPERTENSI SEBAGAI FAKTOR RISIKO NYERI NEUROPATI DIABETIK PADA PASIEN DIABETES MELLITUS TIPE II DI RSUP SANGLAH DENPASAR. E-Jurnal Medika Udayana, [S.l.], v. 8, n. 10, oct. 2019. ISSN 2303-1395. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/54047>. Date accessed: 28 jan. 2023.