RASIO TROMBOSIT LEUKOSIT SEBAGAI PREDIKTOR INFEKSI DENGUE

  • putu indah budiapsari Faculty of Medicine and Health Sciences, Warmadewa Universitiy
  • sri ratna dewi, MD Faculty of Medicine and Health Sciences, Warmadewa Universitiy
  • I nyoman supadma, MD Famili Husada Hospital

Abstract

Latar Belakang: Secara klinis terkadang demam berdarah dengue sulit dibedakan dengan demam oleh karena sebab lain. Identifikasi hematologis dalam hal ini sangat penting untuk skrining awal kecurigaan kita pada penyebab demam.


Tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan rasio trombosit leukosit pada anak demam oleh karena infeksi dengue dibandingkan dengan nondengue.


Metode. Penelitian retrospektif ini mengambil sampel anak usia 0-18 tahun di kabupaten Gianyar yang datang ke poliklinik anak dan UGD RSU Famili Husada Gianyar.


Hasil. 106 rekam medis pasien anak demam nondengue dan 58 rekam medis pasien demam dengue. Rerata rasio trombosit leukosit pada pasien dengue adalah 93.47 sedangkan pada nondengue adalah 76.50. Terdapat perbedaan yang signifikan pada rasio trombosit leukosit pada infeksi dengue dan nondengue (p<0.05).


Kesimpulan. Rasio trombosit leukosit dapat digunakan sebagai penanda infeksi dengue, dimana infeksi dengue memiliki rasio trombosit leukosit yang lebih tinggi dibandingkan dengan nondengue.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

sri ratna dewi, MD, Faculty of Medicine and Health Sciences, Warmadewa Universitiy

CLINICAL PATHOLOGY

I nyoman supadma, MD, Famili Husada Hospital

PAEDIATRICIAN

Published
2021-06-21
How to Cite
BUDIAPSARI, putu indah; DEWI, sri ratna; SUPADMA, I nyoman. RASIO TROMBOSIT LEUKOSIT SEBAGAI PREDIKTOR INFEKSI DENGUE. E-Jurnal Medika Udayana, [S.l.], v. 10, n. 6, p. 7-10, june 2021. ISSN 2303-1395. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/53850>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/MU.2021.V10.i6.P02.