HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN MASALAH PERILAKU DAN EMOSIONAL PADA ANAK DI SD SARASWATI 5 DENPASAR

  • D. A. Devi Anjaswari Putera
  • A. A. Sri Wahyuni
  • Ni Ketut Putri Ariani

Abstract

Masalah perilaku dan emosional sejak kanak dikhawatirkan bisa berkembang menjadi gangguan kejiwaan yang lebih berat semakin bertambahnya usia anak. Sehingga orang tua perlu memerhatikan tumbuh kembang anak sejak dini termasuk kesehatan fisik dan mental anak. Praktik pengasuhan dikaitkan dengan pembentukan karakter termasuk perilaku dan emosional anak. Menemukan hubungan antara praktik pola asuh orang tua dengan masalah perilaku dan emosional yang terjadi pada anak sekolah dasar merupakan tujuan dilakukannya penelitian. Analitik observasional  dengan  pendekatan  cross  sectional  merupakan  jenis  penelitian  yang  digunakan. Seratus siswa kelas VI di SD Saraswati 5 Denpasar dipilih sebagai sampel menggunakan teknik simple random sampling.  Parental Acceptance Rejection Questionnaire (PARQ) diisi oleh orang tua dan Strenghts and Difficulties Questionnaire (SDQ) diisi oleh siswa atas persetujuan wali kelas. Pola asuh yang dipraktikkan oleh orang tua didapatkan memiliki hubungan dengan masalah perilaku dan emosional pada anak di SD Saraswati 5 Denpasar dengan nilai r= -0,36 dan p= 0,0001.


Maka dapat disebutkan bahwa masalah perilaku dan emosional pada anak sekolah dasar dipengaruhi oleh pola asuh (penerimaan) yang diterapkan orang tua.


 


Kata kunci: praktik pola asuh, masalah perilaku dan emosional, anak sekolah dasar

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

D. A. Devi Anjaswari Putera

1Program Studi Sarjana Kedokteran dan Profesi Dokter Fakultas Kedokteran Universitas

Udayana

A. A. Sri Wahyuni

Bagian Psikiatri Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

Ni Ketut Putri Ariani

Bagian Psikiatri Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

Published
2019-08-07
How to Cite
ANJASWARI PUTERA, D. A. Devi; SRI WAHYUNI, A. A.; PUTRI ARIANI, Ni Ketut. HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN MASALAH PERILAKU DAN EMOSIONAL PADA ANAK DI SD SARASWATI 5 DENPASAR. E-Jurnal Medika Udayana, [S.l.], v. 8, n. 8, aug. 2019. ISSN 2303-1395. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/51810>. Date accessed: 28 feb. 2024.