GAMBARAN POLA PENGGUNAAN OBAT ANTIHIPERTENSI PADA PASIEN HIPERTENSI DI INSTALASI RAWAT INAP RSUP SANGLAH DENPASAR TAHUN 2016

  • Luh Sonya Astana Putri
  • Bagus Komang Satriyasa

Abstract

Tingginya angka kejadian hipertensi berdampak terhadap meningkatnya morbiditas dan mortalitas masyarakat. Diperlukan manajemen yang tepat untuk mengontrol hipertensi, salah satunya dengan  pemberian terapi farmakologis antihipertensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pola penggunaan obat antihipertensi di Instalasi Rawat Inap RSUP Sanglah Denpasar tahun 2016. Penelitian ini dirancang dengan metode deskriptif cross-sectional. Subyek penelitian dipilih menggunakan teknik consecutive sampling dari populasi terjangkau yang memenuhi kriteria inklusi periode April-Desember 2016. Data bersumber dari rekam medis pasien dan dianalisis secara statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 56 subyek penelitian sebanyak 60,7% mendapat politerapi dan 39,3% mendapat monoterapi. Golongan obat yang paling banyak digunakan untuk monoterapi adalah ACE-I dan untuk politerapi yaitu golongan ACE-I dan CCB. Berdasarkan derajat hipertensi, sebagian besar monoterapi diberikan pada pasien dengan hipertensi stadium 1 dan politerapi pada pasien dengan hipertensi stadium 2. Pada penelitian ini disimpulkan bahwa penatalaksanaan farmakologis antihipertensi sebagian besar dalam bentuk politerapi. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan dalam pemberian terapi farmakologis antihipertensi pada pasien hipertensi.


 


Kata Kunci : Hipertensi, pola penggunaan, obat antihipertensi, rawat inap.


 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Luh Sonya Astana Putri

1Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

Bagus Komang Satriyasa

2Bagian Farmakologi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

Published
2019-06-17
How to Cite
ASTANA PUTRI, Luh Sonya; SATRIYASA, Bagus Komang. GAMBARAN POLA PENGGUNAAN OBAT ANTIHIPERTENSI PADA PASIEN HIPERTENSI DI INSTALASI RAWAT INAP RSUP SANGLAH DENPASAR TAHUN 2016. E-Jurnal Medika Udayana, [S.l.], v. 8, n. 6, june 2019. ISSN 2303-1395. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/50150>. Date accessed: 06 july 2020.