TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP TENTANG KONSUMSI KOPI PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS UDAYANA ANGKATAN 2012

  • Cindy Claudia
  • I Nyoman Toya Wiartha

Abstract

Kesehatan fisik dan mental mahasiswa sangat dipengaruhi oleh gaya hidup mahasiswa. Gaya hidup yang sibuk membuat mahasiswa mencari pilihan yang paling mudah agar dapat menjalankan semua aktivitasnya  dengan tepat waktu. Kopi merupakan pilihan yang praktis untuk dikonsumsi meskipun terdapat efek samping yang diakibatkan jika dikonsumsi lebih dari yang dianjurkan. Penelitian ini bertujuan untuk memberi gambaran mengenai tingkat pengetahuan dan sikap tentang konsumsi kopi mahasiswa Fakultas Kedokteran angkatan 2012. Rancangan penelitian yang digunakan yaitu deskriptif potong lintang, dengan sampel penelitian berjumlah 146 orang yang dipilih dengan metode purposive sampling dan data dikumpulkan dengan wawancara. Hasil penelitian ini mendapatkan pengetahuan tertinggi mahasiswa pada insomnia sebagai efek samping mengkonsumsi kopi berlebihan (89,9%) dan sikap paling positif mahasiswa pada perlunya memperhatikan dosis saat mengkonsumsi kopi (98,6%). Sehingga dapat disimpulkan bahwa mahasiswa telah memiliki sikap yang baik tentang konsumsi kopi.


Kata kunci: Tingkat pengetahuan, Sikap, Konsumsi Kopi Mahasiswa

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Cindy Claudia

1Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

I Nyoman Toya Wiartha

2Bagian Farmasi

Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

Published
2018-10-09
How to Cite
CLAUDIA, Cindy; TOYA WIARTHA, I Nyoman. TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP TENTANG KONSUMSI KOPI PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS UDAYANA ANGKATAN 2012. E-Jurnal Medika Udayana, [S.l.], v. 7, n. 10, oct. 2018. ISSN 2303-1395. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/42724>. Date accessed: 10 may 2024.