KARAKTERISTIK BERDASARKAN PEMERIKSAAN IMUNOHISTOKIMIA DAN SOSIODEMOGRAFI PADA PENDERITA KANKER PAYUDARA DI RUMAH SAKIT UMUM PUSAT (RSUP) SANGLAH DENPASAR TAHUN 2009-2013

  • I Komang Trisna Aryawan
  • Ida Bagus Tjakra Wibawa M

Abstract

Penyebab kanker payudara diperkirakan berasal dari beberapa faktor yang saling berhubungan dan menempati urutan pertama pasien rawat inap di seluruh RS di Indonesia. Dalam pemilihan terapi kanker payudara diperlukan pemeriksaan imunohistokimia untuk mengetahui profil imunohistokimia dan telah digunakan secara luas sebagai dasar dalam pemilihan terapi hormonal dan targeting therapy. Mengetahui karakteristik penderita kanker payudara berdasarkan sosiodemografi usia, alamat, pendidikan dan karakteristik pemeriksaan imunohistokimia pada pasien kanker payudara di RSUP Sanglah.Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif, dengan menggunakan non probability consecutive sampling  dari data sekunder di RSUP Sanglah pada tahun 2009-2013. Diantara 130 sampel ditemukan karakteristik berdasarkan sosiodemografi diperoleh proporsi penderita kanker payudara tertinggi pada kelompok umur > 40 tahun yaitu sebanyak 77,7%,  tingkat pendidikan telah tamat SMA sebanyak 31,5% dan asal daerah Kota Denpasar yaitu sebanyak  36,2%. Karakteristik berdasarkan Subtipe Pemeriksaan Imunohistokimia yaitu Subtipe triple-negatif dengan angka insiden tertinggi sebanyak 36,9%. Karakteristik berdasarkan Subtipe Pemeriksaan Imunohistokimia dan kelompok umur, subtipe triple-negatif  dengan kelompok umur 41-50 tahun merupakan insiden tertinggi dari total sample penderita kanker payudara.


 


Kata Kunci : kanker payudara, sosiodemografi, subtipe imunohistokimia

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

I Komang Trisna Aryawan

1Program Studi Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

Ida Bagus Tjakra Wibawa M

2Divisi Bedah Onkologi, Onkologi Medik, Bagian Ilmu Bedah Umum FK Universitas Udayana/RSUP Sanglah Denpasar

Published
2018-09-12
How to Cite
TRISNA ARYAWAN, I Komang; TJAKRA WIBAWA M, Ida Bagus. KARAKTERISTIK BERDASARKAN PEMERIKSAAN IMUNOHISTOKIMIA DAN SOSIODEMOGRAFI PADA PENDERITA KANKER PAYUDARA DI RUMAH SAKIT UMUM PUSAT (RSUP) SANGLAH DENPASAR TAHUN 2009-2013. E-Jurnal Medika Udayana, [S.l.], v. 7, n. 9, sep. 2018. ISSN 2303-1395. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/42459>. Date accessed: 24 apr. 2024.