HUBUNGAN ANTARA TINGKAT NYERI BERDASARKAN NUMERICAL RATING SCALE DENGAN DERAJAT OSTEOARTRITIS SECARA RADIOLOGI MENURUT KELLGREN-LAWRENCE GRADING SYSTEM PADA PENDERITA OSTEOARTRITIS LUTUT DI RUMAH SAKIT SANGLAH

  • Pradnya Tika

Abstract

Osteoartritis merupakan salah satu penyakit sendi yang paling sering dijumpai dan angka kejadiannya meningkat seiring dengan bertambahnya usia. Keluhan tersering dari penderita osteoartritis adalah nyeri. Nyeri pada penderita OA bersifat multifaktorial. Untuk menentukan tingkat keparahan osteoartritis, diperlukan pemeriksaan penunjang berupa pemeriksaan radiologi yang hasilnya dapat diinterpretasikan ke dalam kellgren-lawrence grading system. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara tingkat nyeri berdasarkan numerical rating scale dengan derajat radiologi menurut kellgren-lawrance grading system pada penderita osteoartritis di rumah sakit Sanglah. Penelitian ini menggunakan desain cross-sectional  dengan sampel sejumlah 43 orang. Data yang digunakan dalam penelitian ini bersumber dari data rekam medis pasien. Data yang berupa tingkat nyeri dan derajat keparahan osteoartritis lutut menurut kellgren-lawrence grading system kemudian dianalisis menggunakan uji statistik chi-square pada aplikasi SPSS. Hasil penelitian ini didapatkan tidak adanya hubungan yang bermakna antara tingkat nyeri dan derajat radiologi menurut kellgren-lawrence grading system pada penderita osteoartitis lutut (p=1,000). Prevalensi penderita osteoartritis lutut di rumah sakit sanglah adalah perempuan (62,79%) dan laki-laki (27,21%) dengan rentang usia 31 sampai 80 tahun. Berdasarkan tingkat nyerinya, tingkat nyeri terbanyak yang dirasakan oleh penderita osteoartritis lutut di rumah sakit Sanglah adalah tingkat nyeri ringan (88,37%), dan tingkat keparahan menurut derajat radiologi kellgren-lawrence adalah derajat 2 (55,14%).


Kata kunci : osteoartritis lutut, nyeri, kellgren-lawrance grading system

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Pradnya Tika

Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

Published
2018-06-12
How to Cite
TIKA, Pradnya. HUBUNGAN ANTARA TINGKAT NYERI BERDASARKAN NUMERICAL RATING SCALE DENGAN DERAJAT OSTEOARTRITIS SECARA RADIOLOGI MENURUT KELLGREN-LAWRENCE GRADING SYSTEM PADA PENDERITA OSTEOARTRITIS LUTUT DI RUMAH SAKIT SANGLAH. E-Jurnal Medika Udayana, [S.l.], v. 7, n. 6, june 2018. ISSN 2303-1395. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/41445>. Date accessed: 25 apr. 2024.