GAMBARAN KASUS PREEKLAMPSIA DENGAN PENANGANAN KONSERVATIF DI INSTALASI GAWAT DARURAT RUMAH SAKIT UMUM PUSAT SANGLAH, DENPASAR – BALI TAHUN 2013

  • Putu Dyah Widhyaningrum Program Studi Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana
  • Fajar Manuaba Bagian/SMF Obstetri dan Ginekologi RSUP Sanglah, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

Abstract

Kasus Preeklampsia merupakan salah satu diantara empat penyebab teratas kematian ibu, tetapi penurunan jumlah kasusnya paling sedikit sehingga masih menyebabkan morbiditas dan mortalitas. Diperlukan sebuah penelitian analitik untuk keadaan ini. Gambaran epidemiologi pasien preeklampsia di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Umum Pusat Sanglah Denpasar belum tersaji spesifik, sehingga data tersebut belum memadai untuk digunakan sebagai dasar analisis mengapa penurunan jumlah kasus preeklampsia masih belum optiml. Desain penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif untuk mengetahui gambaran kasus preeklampsia di IGD RSUP Sanglah. Penelitian dilakukan selama bulan November – Desember 2014 pada rekam medik pasien dan mengeksklusi kasus dengan data pasien yang tidak lengkap. Dari 219 rekam medik terdapat 195 kasus yang memenuhi kriteria inklusi. Tercatat 60 kasus rujukan  (30.7%) dari total 195 pasien preeklampsia yang ditangani secara konservatif di IGD RSUP Sanglah. Kota Denpasar adalah daerah asal rujukan kasus preeklampsia yang terbanyak selama tahun 2013, yakni 21 dari 60 kasus rujukan atau 35%. Perujuk kasus preeklampsia tercatat paling banyak ialah dari pusat pelayanan tingkat kabupaten yakni Rumah Sakit Umum Daerah sebanyak 21 dari 60 kasus rujukan atau 35%. 70.76% merupakan kasus PEB tercatat terdapat 138 kasus, sedangkan 57 kasus PER (29.23%). Kasus preeklampsia lebih banyak ditemukan pada kelompok usia ibu 20-35 tahun yakni terdapat 126 orang atau sekitar 64.61%. Preeklampsia lebih jarang ditemukan pada primigravida yaitu hanya 90 orang (46.15%) dibandingkan dengan pasien multigravida sejumlah 105 orang (53.84%). Penggunaan bantuan pembiayaan kesehatan oleh pasien menunjukkan bahwa 107 pasien (54.87%) menggunakan bantuan untuk pembiayaan pelayanan kesehatan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Putu Dyah Widhyaningrum, Program Studi Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

Program Studi Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

Fajar Manuaba, Bagian/SMF Obstetri dan Ginekologi RSUP Sanglah, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

Bagian/SMF Obstetri dan Ginekologi RSUP Sanglah, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

Published
2017-06-15
How to Cite
WIDHYANINGRUM, Putu Dyah; MANUABA, Fajar. GAMBARAN KASUS PREEKLAMPSIA DENGAN PENANGANAN KONSERVATIF DI INSTALASI GAWAT DARURAT RUMAH SAKIT UMUM PUSAT SANGLAH, DENPASAR – BALI TAHUN 2013. E-Jurnal Medika Udayana, [S.l.], v. 6, n. 6, june 2017. ISSN 2303-1395. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/31501>. Date accessed: 05 dec. 2022.