GAMBARAN KARAKTERISTIK PASIEN FRAKTUR FEMUR AKIBAT KECELAKAAN LALU LINTAS PADA ORANG DEWASA DI RUMAH SAKIT UMUM PUSAT SANGLAH DENPASAR TAHUN 2013

  • Agus Desiartama
  • I G N Wien Aryana

Abstract

Kecelakaan lalu lintas merupakan penyebab kematian yang cukup tinggi di dunia dan jika tidak ditangani dengan serius, kecelakaan lalu lintas akan  selalu meningkat. Salah satu akibat dari kecelakaan lalu lintas yang paling sering adalah fraktur femur. Fraktur femur sendiri dapat menyebabkan komplikasi antara lain perdarahan, cedera organ dalam, infeksi luka, emboli lemak, sindroma pernafasan serta dapat mengakibatkan kecacatan dan paling banyak terjadi pada usia dewasa. Namun hingga saat ini, penelitian mengenai fraktur femur akibat kecelakaan lalu lintas  di Indonesia, khususnya di Bali masih sangat jarang dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik dari fraktur tersebut pada orang dewasa di RSUP Sanglah-Denpasar. Penelitian ini merupakan penelitian deskritif observasional dilakukan pada 113 pasien fraktur femur akibat kecelakaan lalu lintas pada orang dewasa di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Sanglah Denpasar, selama bulan Januari 2013 hingga Desember 2013 dengan menggunakan data sekunder catatan rekam medis pasien di ruang perawatan Angsoka dan ruang rekam medis RSUP Sanglah Denpasar. Analisa stastistik dilakukan dengan program SPSS.  Didapatkan 113 pasien fraktur femur didapatkan bahwa sebagian besar adalah pria sebanyak 78 orang (69,0 %), dari kelompok umur sebagian besar usia 18-30 tahun sebanyak 64 orang (56,6%). Dari 117 sampel kasus didapatkan bahwa jenis fraktur sebagian besar adalah fraktur tertutup sebanyak 85 kasus (72,6%) dan untuk lokasi fraktur terbanyak pada daerah tengah yaitu sebanyak 68 kasus (58,1%). Karakteristik dari fraktur femur pada orang dewasa akibat kecelakaan lalu lintas di RSUP Sanglah Tahun 2013 lebih banyak terjadi pada oria, dengan kelompok usia paling banyak 18-30 tahum, jenis fraktur terbanyak adalah fraktur tertutup, serta lokasi terbanyak pada daerah tengah.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Agus Desiartama


1Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

 

I G N Wien Aryana
Bagian Orthopaedi dan Traumatologi RSUP Sanglah Denpasar
How to Cite
DESIARTAMA, Agus; ARYANA, I G N Wien. GAMBARAN KARAKTERISTIK PASIEN FRAKTUR FEMUR AKIBAT KECELAKAAN LALU LINTAS PADA ORANG DEWASA DI RUMAH SAKIT UMUM PUSAT SANGLAH DENPASAR TAHUN 2013. E-Jurnal Medika Udayana, [S.l.], v. 6, n. 5, may 2017. ISSN 2303-1395. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/30486>. Date accessed: 21 june 2024.

Keywords

Kecelakaan lalu lintas, fraktur femur, karakteristik